Dark/Light Mode

Peduli Isu Lingkungan, Ganjar-Mahfud Raih Dukungan Relawan NAGA

Jumat, 12 Januari 2024 10:06 WIB
Deklarasi Relawan Nusantara Ganjar (NAGA). (Foto: Ist)
Deklarasi Relawan Nusantara Ganjar (NAGA). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Pilpres 2024 yang akan digelar bulan depan, dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD terus mengalir. Kali ini, deklarasi dukungan itu datang dari Relawan Nusantara Ganjar (NAGA).

Acara deklarasi Relawan NAGA dilangsungkan di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Menteng, Jakarta, Kamis (11/1/2024) dan dihadiri langsung oleh Ganjar Pranowo. Kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu disambut hangat oleh Dewan Pengarah TPN-yang juga Ketua Umum Partai Perindo-Hary Tanoesoedibjo, Ketua Dewan Pembina NAGA-yang juga Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud-Angela Tanoesoedibjo, Dewan Pembina NAGA Agung Firman Sampurna, dan Ketua Umum NAGA Achyar Al Rasyid.

Ketua Umum Relawan NAGA, Achyar Al Rasyid mengatakan ribuan orang Relawan NAGA mendukung Ganjar-Mahfud, karena kepeduliannya terhadap isu lingkungan. "Kami melihat Bapak Ganjar Pranowo hanyalah satu-satunya calon yang tegas menyebut dalam visi misinya, dalam program-program-program kerjanya, sehingga inilah yang menyebabkan NAGA secara tegas mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024," kata Achyar.

Program pertama yang menjadi perhatian adalah program ekonomi sirkular. Ganjar-Mahfud akan menjalankan sistem ekonomi di tengah masyarakat dengan memperhatikan aspek lingkungan. Kedua, Ganjar-Mahfud mempunyai program limbah jadi berkah. Ketiga, ada program Ganyang Plastik yang juga menjadi perhatian Relawan NAGA.

Relawan NAGA juga akan mendistribusikan 1 juta bibit pohon untuk ditanam di seluruh Indonesia. Nantinya, bibit itu akan dibagikan ke 17 provinsi, antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. Kemudian, provinsi-provinsi di Sumatera, Sulawesi, dan termasuk pula Kalimantan Barat serta NTB. 

Baca juga : Siapkan Bahan Baku Farmasi, Ganjar-Mahfud Janji Bangun Kawasan Industri Kesehatan

“Kita ingin agar orang muda menunjukkan bahwa setiap bibit yang ditanam hari ini berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat di masa depan,” kata Achyar, yang juga Wakil Ketua II Deputi YZ (Tim Pemenangan Muda) Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud.

Dalam sambutannya, Angela mengajak ribuan relawan yang hadir untuk memilih pemimpin yang tepat pada Pilpres mendatang. Angela mengungkapkan tiga alasan mengapa capres-cawapres nomor urut 3 merupakan pemimpin yang tepat.

"Pertama adalah pemimpin yang sudah terbukti. Pribadinya, ya. Sepak terjangnya sudah terbukti, dan kita bisa lihat kinerjanya sudah terbukti," kata Angela. 

Poin kedua, karakter dan integritasnya sudah harus teruji, terlebih lagi dalam memutuskan hal-hal yang tidak populer. "Nah, seorang pemimpin itu harus melihat sudah teruji bisa memutuskan hal-hal yang mungkin tidak populer, tetapi demi kebaikan bangsa, negara, dan masyarakat Indonesia dalam jangka panjang," urainya.

"Harus sudah teruji ideologi Pancasila, kesatuan Indonesia yang konsisten, bukan musiman," tegas Angela yang juga merupakan tokoh generasi milenial dan perempuan nasional ini.

Baca juga : SMRC: Program 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana Ganjar-Mahfud Paling Dibutuhkan

Ketiga, seorang pemimpin harus memiliki visi-misi dan program yang siap untuk dieksekusi. "Saya melihat bahwa Ganjar-Mahfud memiliki ketiga poin di atas. Beliau-beliau sudah terbukti, teruji, dan program-programnya sudah siap," tegas Angela yang juga Wakil Ketua Umum Partai Perindo Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital ini.

Dukungan penuh dari Relawan NAGA juga membuat Ganjar terkejut. Capres berambut putih inipun mengaku tak menyangka masih mendapatkan dukungan tambahan jelang Pilpres 2024 yang sudah di depan mata.

"Saya menyambut baik, ini luar biasa. Di tengah situasi politik yang hari ini mulai sedikit menghangat dan tentu saja waktu kian berjalan menuju 14 Februari, saya kemarin berpikir mungkin tinggal bekerja saja dari institusi yang sudah ada, partai pengusung dan relawan. Ternyata saya hari ini dikejutkan teman-teman relawan baru, Nusantara Ganjar," tuturnya.

Ganjar juga mengapresiasi hal-hal yang diinginkan Relawan NAGA, yakni di antaranya berbicara tentang ekonomi hijau dan juga penyerapan tenaga kerja, terutama untuk generasi muda Indonesia. Ganjar yakin anak muda di Indonesia saat ini sudah sangat kreatif.

"Saya yakin relawan yang muncul akhir-akhir ini adalah bagian energi yang makin kuat. Kita bisa menunjukkan Insya Allah Ganjar-Mahfud menang," tegasnya.

Baca juga : IKN Jadi Referensi Ganjar-Mahfud Perkuat Pertahanan Indonesia

Berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja, terutama bagi anak muda Indonesia, Hary Tanoesoedibjo percaya bahwa pasangan Ganjar-Mahfud bisa menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya ke depannya.

"Tadi sudah saya sampaikan ke mereka (Relawan NAGA), jangan ragu-ragu, yakinlah bahwa Ganjar-Mahfud yang terbaik yang bisa menciptakan lapangan kerja untuk generasi muda," tegas Hary Tanoe.

Hary juga mengajak para relawan untuk bisa menjadi agen perubahan dan meyakinkan masyarakat untuk turut memilih Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024 mendatang. "Jadi, itu yang kami harapkan. Mereka harus yakin bahwa Ganjar-Mahfud adalah pemimpin yang tepat dan mereka bisa menjadi agen yang produktif dan efektif agar yang lain juga yakin untuk memilih Ganjar-Mahfud," kata Hary Tanoe.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.