Dark/Light Mode

Ini Visi Ganjar - Mahfud Wujudkan Otonomi Strategis

Kamis, 11 Januari 2024 14:02 WIB
Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto (tengah). (Foto: Dok. TPN Ganjar - Mahfud)
Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto (tengah). (Foto: Dok. TPN Ganjar - Mahfud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto menegaskan, Bebas-Aktif menurut Ganjar-Mahfud adalah keleluasaan menentukan posisi yang 100 persen sejalan kepentingan nasional.

TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjelaskan Indonesia sebagai negara Bebas-Aktif menjadi leluasa dalam menentukan posisi yang sejalan dengan kepentingan nasional.

Baca juga : TPN: Ganjar-Mahfud Perkuat Rantai Pasok Global

Penguatan kapasitas nasional menjadi syarat kunci dalam mewujudkan otonomi strategis.

"Dalam Asia Power Index yang dirilis Lowy Institute tahun 2019, Indonesia mencatatkan skor power sebesar 20,6. Dan tahun 2023, skor Indonesia menjadi 19,4,” kata Andi, Kamis (11/1/2024).

Baca juga : Indef Dukung Ganjar Mau Kembalikan Bekraf

Ganjar-Mahfud, kata Andi akan mempercepat penguatan kapasitas nasional di segala dimensi.

"Agar Indonesia menjadi kekuatan maritim Indo-Pasifik, sebagai Garda Samudra (Guardian of the Seas) yang mampu menjalankan diplomasi maritim yang membawa manfaat secara konkret dan diakui global," ucap mantan Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.