Dark/Light Mode

Temanya Soal Lingkungan

Debat Cawapres Nanti Malam, Peluang Emas Gibran Dongkrak Suara Pemilih Muda

Minggu, 21 Januari 2024 08:08 WIB
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Nasional Pengurus Negeri Prabowo-Gibran, Muhammad Pradana Indraputra optimistis, debat capres-cawapres keempat akan menjadi peluang bagi Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka untuk mendulang suara para pemilih muda.

Pasalnya, setiap gagasan yang hendak disampaikan Gibran akan selalu dikaitkan dengan generasi muda.

Debat cawapres yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024), mengusung tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Pradana yakin, pemilih generasi mud yang porsinya mencapai 52 persen pada Pemilu 2024, memiliki perhatian luar biasa terhadap isu lingkungan.

"Banyak anak muda yang tertarik dengan lingkungan, termasuk Mas Gibran. Dia akan banyak memaparkan dampak apa saja, terkait tema debat terhadap anak muda. Serta bagaimana anak muda bisa berkontribusi. Itu yang jadi substansi tim Prabowo-Gibran,” kata Pradana, Minggu (21/1/2024).

Baca juga : Jelang Debat Cawapres, TKN Yakin Gibran Unggul, Bisa Kasih Contoh Yang Aktual

“'Melalui debat nanti, kami berharap, Mas Gibran mampu menggaet suara anak muda lebih banyak. Karena apa pun yang akan dilakukan dan dipaparkan, Insya Allah akan selalu dikaitkan dengan upaya melibatkan anak muda itu sendiri,” sambungnya.

Komitmen dan penguasaan materi Gibran terkait lingkungan, sudah terlihat sejak debat cawapres pertama. Ketika dia memaparkan soal hilirisasi sumber daya alam, dan bertanya kepada paslon seputar pembuatan regulasi carbon capture storage (CCS).

Karena itu, Pradana optimistis, Gibran yang saat ini menjabat Wali Kota Solo, akan menguasai arena debat.

Gibran disebut tidak memiliki persiapan khusus menjelang debat. Namun, Pradana memastikan, pendamping Prabowo Subianto itu tidak meremehkan kandidat lainnya.

Di samping itu, Pradana menegaskan, fokus utama Gibran adalah menjadikan debat sebagai platform untuk mensosialisasikan visi-misinya.

Baca juga : Jelang Debat Cawapres, Kaesang: Samsul Pasti Menang Lagi

"Kami tidak melihat Cak Imin dan Prof Mahfud sebagai lawan. Fokus kami, debat harus memberikan pemaparan kepada publik. Sehingga, masyarakat mengerti apa yang sebenarnya ingin dilakukan oleh Prabowo-Gibran," tutur Pradana.

"Kami berharap, Mas Gibran bisa menyampaikan gagasan untuk Indonesia yang lebih maju. Ini pesan pentingnya," imbuhnya.

Berkaca dari debat-debat sebelumnya, Pradana tidak memungkiri, pasangan nomor urut dua akan menjadi “sasaran tembak” kandidat lainnya.

Terkait hal tersebut, Gibran bersama tim telah berdiskusi seputar dinamika debat, dan apa saja pertanyaan yang kira-kira dilontarkan kubu lawan.

"Dari debat Mas Gibran yang pertama, hampir tidak ada evaluasi. Sudah berjalan sesuai rencana. Kalau terkait debat terakhir, terlihat bahwa paslon lain sedang mengejar ketertinggalan elektoralnya. Sehingga, kami selalu diserang,” kata Pradana.

Baca juga : Imin Rutin Latihan, Gibran Minta Doa, Mahfud Baca-baca

Tetapi menurutnya, Gibran tetap santai, tanpa meremehkan lawannya. Dia sudah mempersiapkan materi, baik ang terkait tema atau tidak.

"Kami juga tidak ada rencana untuk menyerang sejak awal debat. Hanya saja, jika situasi debat menuntut ada klarifikasi atau pencerahan kepada masyarakat, Mas Gibran akan lebih tegas,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.