Dark/Light Mode

Darmizal: Sikap Jenaka Gibran Dalam Debat Tak Dimiliki Cawapres Lain

Senin, 22 Januari 2024 23:28 WIB
HM Darmizal. (Foto: Ist)
HM Darmizal. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Relawan Jokowi untuk Prabowo Gibran (ReJO Pro Gibran), HM Darmizal mengatakan, Gibran Rakabuming Raka bukanlah cerminan sikap songong seperti penafsiran segelintir orang pasca debat Cawapres, Minggu malam.

"Gestur tubuh Gibran saat berhadapan dengan Prof Mahfud MD itu bukan songong. Tapi, itulah gaya Gibran yang jenaka, ingin menciptakan suasana yang lebih cair ketika keadaan yang sedikit tegang jelang hari. Pencoblosan Pilpres," kata Darmizal, Senin (22/1/2024).

Sebelumnya, dalam debat Cawapres yang digelar KPU Minggu malam 21 Januari di JCC, Gibran terlihat celingak-celinguk seolah mencari sesuatu saat berhadapan dengan Mahfud.

Baca juga : Milenial Dan Akademisi Ini Puji Aksi Gibran Di Debat Cawapres

Momen itu terjadi kala Gibran merasa Mahfud tak menjawab atas pertanyaan terkait inflasi hijau dalam Segmen ke-4 debat keempat Pilpres 2024. Saat itu, Gibran membungkukkan kepala dan meletakkan telapan tangan dikeningnya seperti ingin mencari sesuatu yang tidak ditemukan.

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, bisa nyari-nyari di mana ini jawabannya, kok nggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau," sambil tersenyum ke Mahfud.

Kembali ke Darmizal. Kata dia, seyogyanya masyarakat bisa melihat suasana tersebut sebagai sesuatu yang lazim, hal biasa yang tak perlu diperdebatkan. Apalagi, sampai membully suami dari Silvi Ananda itu.

Baca juga : Kicauan Tsamara Amany Soal Penampilan Gibran Di Debat Jadi Sorotan Netizen

"Terbukti, seusai debat, Gibran terlihat dengan khitmad meminta maaf dan menyalami Prof Mahfud MD dan Cak Imin. Lihat saja, Gibran sampai mencium tangan pak Mahfud MD. Sikap ini menunjukkan sikap santun seorang negarawan dan intelektual muda dalam berpolitik," terangnya.

Menurut Darmizal, sikap yang ditunjukkan Gibran saat debat sesungguhnya mencerminkan sikap anak muda yang humoris, humanis dan tanpa ketegangan. “Meski seperti sedikit sembrono Gibran sesungguhnya anak yang santun, tanggap, empati dan ekspresif serta bertanggungjawab. Saya lihat justru Gibran menunjukkan sikap negarawan sejati. Jarang anak muda yang mempunyai etika politik seperti ini," urai Darmizal.

Darmizal menilai, penampilan Gibran dalam debat terlihat moncer dalam berbagai hal. Menurut dia, sejak awal Gibran sudah diserang soal etika, dan gagalnya food estate dan lain-lain. 

Baca juga : Wiranto Puji Penampilan Gibran Saat Debat Cawapres

“Namun, Gibran dari awal sampai akhir debat tetap tenang dan tidak terlihat emosi. Justru Gibran terlihat menguasai panggung debat karena memahami dan mampu menjelaskan secara gamblang setiap pertanyaan yang diajukan moderator," pungkas Darmizal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.