Dark/Light Mode

Makjleb! Gibran Sindir Cak Imin Lihat Contekan, Begini Respons Cawapres 01

Minggu, 21 Januari 2024 20:55 WIB
Raut wajah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat disindir lihat contekan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Foto: YouTube/KPU RI)
Raut wajah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat disindir lihat contekan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Foto: YouTube/KPU RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyindir cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar lihat contekan saat menjawab pertanyaan panelis soal krisis iklim yang mengancam produksi dan kualitas gizi pangan.

Saat itu, Cak Imin mengatakan bahwa menurunnya produksi pangan saat ini bukan semata-mata disebabkan oleh krisis iklim.

"Tanpa krisis iklim pun persawahan pertanian kita tidak memiliki air dan irigasi yang memadai," kata Cak Imin di debat cawapres kedua, yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, Ahad (21/1).

Parahnya lagi, lanjut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, petani tidak dilibatkan oleh pemerintah dalam pengadaan pangan. "Hanya melibatkan korporasi," sentilnya.

Padahal, potensi pertanian di Indonesia cukup besar. Karena itu, ia ingin ada pengadaan lahan yang memadai lewat reformasi agraria untuk para petani.

Baca juga : Anies Ucapkan Selamat HUT PDIP Ke-51 Di Instagram, Begini Respons Ganjar

Lalu, petani menurutnya harus diberi pupuk yang cukup dengan harga yang terjangkau. 

"Bahkan banyak petani punya duit sebenarnya, tapi pupuknya tidak ada," lanjutnya, seraya juga menekankan pentingnya pengembangan pupuk organik agar produksi pangan menjadi lebih berkualitas.

Di sisi lain , ia juga menekankan pentingnya program perlindungan gagal tanam karena krisis iklim. Di kesempatan Cak Imin terlihat cukup sistematis menjawab pertanyaan tersebut, meskipun memang sesekali ia terlihat menunduk ke meja podiumnya.

Sontak, ketika Gibran diberi kesempatan oleh moderator untuk menanggapi jawaban Cak Imin, putra sulung presiden Jokowi itu langsung melontarkan jawaban yang menohok.

"Enak banget ya Gus ya, jawabnya sambil baca catatan tadi," sindir Gibran sambil senyum-senyum, yang sontak disambut sorakan hadirin.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Janji Gelontorkan Subsidi Kuota Internet Bagi Pelajar

Menurut Gibran, untuk mengatasi penurunan produksi dan kualitas gizi pangan akibat krisis iklim adalah dengan melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi lahan.

Wali Kota Solo itu juga menekankan pentingnya ketersediaan pupuk, sebagaimana disampaikan Cak Imin.

"Kita sudah bangun pabrik pupuk di Fakfak, kuncinya untuk meningkat profuktifitas yang kita harus menggenjot industri pupuk," tuturnya.

Gibran melanjutkan, dengan mendekatkan industri pupuk dengan lahan pertanian, otomatis produksi pertanian akan meningkat.

Ia juga menekankan pentingnya mekanisasi pertanian dan pelibatan anak muda dalam smart farming. Seperti panen menggunakan combine harvester hingga drone untuk penyemprotan pestisida.

Baca juga : Media Asing Soroti Gibran Saat Debat Cawapres

Lalu bagaimana respons Cak Imin disindir Gibran baca contekan?

Saat giliran menanggapi cawapres nomor urut 2 dan 3, Cak Imin langsung menyerang balik Gibran dengan respons yang tak kalah menohok.

"Terima kasih pak Gibran, yang Anda sampaikan hanya mengulang dari apa yang saya sampaikan," jawab Cak Imin sambil tersenyum, yang langsung memantik riuh sorakan hadirin di ruang debat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.