Dark/Light Mode

Mahfud MD Kalahkan Cak Imin Di Instagram, Youtube dan Tiktok

Rabu, 24 Januari 2024 12:10 WIB
Debat Cawapres Keempat yang digelar di JCC Senayan Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Foto: Istimewa)
Debat Cawapres Keempat yang digelar di JCC Senayan Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahfud MD, menjadi Calon Wakil Presiden terpopuler di ranah digital. Sementara Gibran mencuri perhatian dengan interaksi tinggi di media sosial, sedangkan Cak Imin kuat di Twitter. Evello Big Data Analitik merinci bahwa, pemberitaan dan media sosial menjadi panggung utama bagi Mahfud MD, menempatkannya pada posisi teratas dalam penguasaan jumlah post/ekspos total berbagai platform, mengalahkan rival-rivalnya dengan tipis.

Peran media sosial dan media daring semakin krusial dalam mengukur sejauh mana presiden atau calon wakil presiden dapat membangun citra dan dukungan publik.

Evello Big Data Analitik, merilis hasil analisis: Mahfud MD terlihat unggul tipis dengan Share Index 34,42 persen, diikuti Muhaimin Iskandar 34 persen, dan Gibran Rakabuming Raka 32 persen.

Baca juga : Prabowo Ucapkan Selamat Ultah ke Mega di Instagram, Netizen Ramaikan Kolom Komentar

Gibran Rakabuming Raka menonjol sebagai Calon Wakil Presiden dengan interaksi paling tinggi di berbagai platform media dan media sosial, menguasai 22 metrik yang signifikan.

Periode pantau 1 sampai 23 Januari 2024, dalam pernyataannya, Dudy Rudianto, founder Evello Big Data Analitik menekankan bahwa tidak ada kandidat yang secara mutlak mendominasi ekspos ranah digital. "Ketiga cawapres bergantian memimpin ekspos sepanjang Januari 2024. Mahfud MD mendominasi tipis, sedangkan Gibran unggul dari jumlah publikasi di media online," ungkap Dudy.

Dudy menjelaskan perbedaan ekspos dan interaksi, ’’Ekspos adalah agregat jumlah pos konten atau unggahan di media sosial dan jumlah pemberitaan media, sedangkan interaksi mengacu pada pengukuran berbagai jenis keterlibatan atau respons yang diterima tokoh dari seluruh platform media sosial yang digunakan tokoh untuk menjangkau audiens.

Baca juga : Gibran Sorot Catatan Cak Imin saat Debat: Enak, Ya Gus Baca Catatan

Metrik interaksi bisa berupa komentar Instagram, video TikTok di download atau jumlah tayang (views) video Youtube’’.

Dari total 33,980 artikel berita selama Januari 2024, Gibran mendominasi pemberitaan dengan 16 ribu artikel, sedangkan Mahfud MD dan Cak Imin masing-masing memiliki 10 ribu dan 7 ribu artikel.

Dalam hal keterlibatan online, Total Shared News Gibran 224.755, Mahfud 179.909 dan Cak Imin 163.273. Total Comments Gibran 29.675, Mahfud 27.290 dan Cak Imin 18.500. Total Reaction untuk Gibran adalah 117.782, Mahfud 92.668 dan Cak Imin 75.314.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Pastikan Gencarkan Reforestasi Hutan

Dudy menegaskan bahwa interaksi digital bukan sekadar mencerminkan popularitas, melainkan juga membentuk opini publik terhadap seorang cawapres melalui dinamika interaksi digital.

Dalam dunia yang semakin terdigitalisasi, kekuatan online visibilities dapat mempengaruhi bagaimana masyarakat merespon cawapres dan program yang ditawarkan.

Di Twitter, Gibran dan Mahfud menguasai tren replies pada Twitter, sementara Cak Imin menjadi cawapres dengan quotes terbanyak. Cak Imin mengoleksi jumlah favorites terbanyak di twitter dengan gap sangat tinggi dibandingkan Gibran dan Mahfud. Gibran unggul tipis atas Cak Imin dalam jumlah repost dan jauh meninggalkan Mahfud MD. Cak Imin menjadi kandidat Cawapres terbanyak ditonton warga Twitter pada periode 1 – 23 Januari 2024 dengan 83.524.378 kali tayang alias unggul lebih dari 10 juta kali tayang dibandingkan Gibran 72.816.880 dan jauh meninggalkan Mahfud MD 43.447.031 tayang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.