Dark/Light Mode

Mahfud Bicara Penegakan Hukum Di Wisuda Mahasiswa UBK 2023

Jumat, 1 Desember 2023 07:45 WIB
Menko Polhukam yang juga Cawapres nomor urut 2 Mahfud MD hadir di acara Dies Natalis ke-24 dan Wisudawan Program Sarjana ke-21 serta Pasca Sarjana ke-5 Universitas Bung Karno UBK di Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023). Foto: Istimewa
Menko Polhukam yang juga Cawapres nomor urut 2 Mahfud MD hadir di acara Dies Natalis ke-24 dan Wisudawan Program Sarjana ke-21 serta Pasca Sarjana ke-5 Universitas Bung Karno UBK di Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Polhukam yang juga Cawapres nomor urut 2 Mahfud MD hadir di acara Dies Natalis ke-24 dan Wisudawan Program Sarjana ke-21 serta Pasca Sarjana ke-5 Universitas Bung Karno (UBK) di Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI Ahmad Basarah, keluarga mendiang presiden Soekarno yaitu Sukmawati Soekarno Putri, Guruh Soekarno Putra, dan anak dari pahlawan proklamator Bung Hatta yaitu Mutia Hatta, perwakilan LLDIKTI Wilayah III, Toni Toharudin serta pimpinan Yayasan Pendidikan Soekarno Romy H.R. Soekarno dan M. Maheandra Putra.

Rektor UBK Didik Suhariyanto yang mengawali acara tersebut mengatakan, tantangan dunia pendidikan adalah menjadikan generasi yang unggul, kreatif, inovatif dan adaptif serta menyiapkan untuk bisa menghadapi dunia digital dan berbagai bentuk perubahan zaman.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Perjuangkan Insentif Nakes Di Daerah 3T

"Seiring dengan dengan kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi di era digital dan globalisasi, UBK disamping memberikan bekal ilmu juga membekali dasar karakter Pancasila yang kuat agar mempunyai etika profesi yang berlandaskan pancasila" kata Didik Suhariyanto dalam pidatonya.

Begitupun orasi ilmiah yang disampaikan Mahfud MD, bahwa pekerjaan rumah Indonesia adalah bagaimana memastikan seluruh masyarakat tidak hanya taat pada hukum, tapi taat pada norma yang ada.

"Kita punya hukum tetapi hukum kita sangat mengecewakan, masih terjadi ketidakadilan di mana-mana. Penegakan hukum juga ditandai oleh berbagai transaksi, jual beli kasus, jual beli vonis," ujar Mahfud MD.

Baca juga : Turun, Kepuasan Publik Ke Pemerintahan Jokowi

Rusaknya hukum di Indonesia ini kata Mahfud, karena banyak orang yang hanya takut dan tunduk pada pasal-pasal yang ada.

Namun mengabaikan norma dari hukum tersebut, baik norma etika maupun norma moralitas.

Dalam pelaksanaan wisudawan, Mahfud MD yang di dampingi Ketua umum Yayayan Maheandra dan Rektor UBK Didik Suhariyanto memberikan penghargaan beasiswa dan lainnya kepada sejumlah lulusan terbaik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.