Dark/Light Mode

Piala Asia: Tajikistan Lolos, China Terancam Gagal

Selasa, 23 Januari 2024 06:04 WIB
Duel Tajikistan vs Lebanon di grup D, Piala Asia 2023. (Foto : AFC)
Duel Tajikistan vs Lebanon di grup D, Piala Asia 2023. (Foto : AFC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tajikistan mencetak sejarah. Tim debutan Piala Asia memastikan tiket babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar setelah meraih kemenangan atas Lebanon. China terancam gagal masuk 16 besar.

Tajikistan lolos setelah menang dramatis 2-1 melawan Lebanon pada partai penutup Grup A di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Senin (21/1) malam.

Menghadapi Lebanon, Tajikistan tertinggal terlebih dahulu melalui gol Bassel Jradi pada menit ke-47.

Baca juga : Hasil Piala Asia: Arab Saudi Lolos, Thailand Buka Jalan

Namun, Tajikistan berbalik unggul setelah Lebanon bermain dengan 10 pemain akibat Kassem El Zein mendapatkan kartu merah pada menit ke-55.

Unggul dalam jumlah pemain lalu dimanfaatkan dengan baik oleh Tajikistan. Tim asuhan Peter Segrt itu kemudian membalikkan keadaan melalui dua gol di menit akhir.

Adalah Parvizdzhon Umarbaev yang mengubah skor pada menit ke-80. Puncaknya, pemain pengganti Nuriddin Khamrokulov menjadi penentu kemenangan Tajiskistan setelah tandukannya yang memanfaatkan umpan Ekhson Pandzhshanbe pada menit ke-90+2 membuat Mostafa Matar memungut bola untuk kedua kalinya.

Baca juga : Hasil Piala Asia: Korsel Masih Selamat, Malaysia Tamat

Hasil ini memastikan Tajikistan di posisi runner up dan lolos menemani Qatar di grup A.

Sementara itu, sang juara bertahan Qatar yang telah memastikan satu tempat di babak 16 besa, menutup babak penyisihan grup dengan laju sempurna setelah mengalahkan China dengan skor tipis 1-0 di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Qatar.

Hassan Al-Haydos yang mencetak gol spektakuler pada menit ke-66 pada laga ini menjadi aktor kemenangan bagi tim tuan rumah.

Baca juga : Malam Ini Lawan Vietnam, STY Janjikan Permainan Timas Lebih Garang

Kekalahan ini membuat China menyelesaikan babak grup Piala Asia 2023 dengan berada di posisi ketiga klasemen dengan 2 poin.

Tim China mengandalkan posisi ketiga terbaik dan harus menunggu hasil tim dari grup lain untuk menentukan nasib dapat lolos ke babak 16 besar sebagai empat tim sebagai peringkat ketiga terbaik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.