Dark/Light Mode

Survei INES, Prabowo-Gibran Unggul 55,3 Persen

Jumat, 26 Januari 2024 11:45 WIB
Capres Prabowo Subianto (kiri) dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Instagram @prabowo_subianto)
Capres Prabowo Subianto (kiri) dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Instagram @prabowo_subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Network Election Survey (INES) merilis hasil survei mengenai Pilpres 2024 mendatang.

Survei yang digelar pada 12-21 Januari 2024 itu menunjukkan bahwa pelaksanaan Pilpres berpotensi berlangsung satu putaran.

Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul sangat jauh dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Direktur Eksekutif INES, Andri Gunawan mengatakan, survei tentang preferensi publik terhadap pilpres 2024 menyebutkan, pasangan Amin 17,1 persen suara responden. Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 55,3 persen.

Baca juga : Targetkan Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran, RKB Luncurkan Seribu Posko

Sementara, untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 20,2 persen. Adapun yang belum menentukan pilihan 7,4 persen.

"Survei tersebut mengambil 2180 responden usia 17 tahun ke atas dan pernah menikah di 34 provinsi, menggunakan metode wawancara tatap muka dengan kuesioner, dengan tingkat kesalahan maksimal 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen," kata Andri, dalam keterangannya, Jumat (26/1/2024).

Andri menjelaskan, dalam survei ini juga diukur tingkat akseptabilitas ketiga Capres. Hasilnya tingkat akseptabilitas

Prabowo paling tinggi. Di mana sebanyak 80,2 persen tingkat akseptabilitas Prabowo. Sedangkan Ganjar tingkat akseptabilitasnya 70,6 persen. Anies Baswedan 68,6 persen.

Baca juga : Relawan Canvasing Gempita Prabowo-Gibran Banten Gelar Konsolidasi Pemenangan

"Perlu dicatat bahwa dalam tahap akseptabilitas, pemilih menerima seorang calon. Penerimaan ini merupakan proses alam bawah sadar berbentuk persepsi yang terbangun," ucap Andri.

Di kesempatan sama, pengamat politik dari Universitas Pamulang (Unpam) Yusak Farchan mengatakan Prabowo-Gibran mendapat suara tambahan dari kalangan milenial.

"Naiknya elektabilitas Prabowo-Gibran di hasil survei INES karena adanya pemilih anak muda yang cenderung mendukung Gibran. Karena adanya anak muda yang menjadi Cawapres," ucap Yusak.

Selain itu, Yusak menyebutkan, hasil survei INES ini menunjukkan bahwa pemilih Jokowi di Pilpres 2014-2019 masih tetap loyal kepada Jokowi dengan mendukung Prabowo-Gibran.

Baca juga : PPP Kabupaten Serang Bersiap Berikan Sanksi

"Masih kuat pemilih Jokowi di Pilpres tahun 2014-2019 masih tetap loyal kepada Jokowi dengan mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024," ujar Yusak.

Yusak mengungkapkan bahwa Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran karena figur keduanya lebih kuat ketimbang kandidat Capres lainnya.

Tak hanya itu, figur Jokowi juga sampai saat ini masih dilihat oleh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi faktor naiknya elektabilitas Prabowo-Gibran.

"Figur Jokowi sampai saat ini masih dilihat masyarakat hal itu juga jadi faktor naiknya elektabilitas Prabowo-Gibran," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.