Dark/Light Mode

Gerakan Satu Putaran Dilawan “Salam 4 Jari”

Minggu, 28 Januari 2024 08:00 WIB
Salam 4 Jari. (Foto: Tangkapan layar X gitaputrid)
Salam 4 Jari. (Foto: Tangkapan layar X gitaputrid)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajakan dari kubu Prabowo-Gibran agar Pilpres berlangsung satu putaran mendapat perlawanan. Warganet melawan ajakan tersebut dengan gerakan Salam 4 Jari. Dua hari diciutkan, gerakan tersebut mulai menggema di jagat X.

Gerakan Salam 4 Jari mulai merayap di jagat X pada Jumat (26/1/2024) lalu. Salah satu akun yang mempopulerkan gerakan ini adalah Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) Gita Putri Damayana. Di akun X miliknya, @gitaputrid, Gita mengajak followers-nya melakukan aksi politik dengan simbol Salam 4 Jari.

Baca juga : Terima Dukungan Santri Muda, TKN Pastikan Prabowo-Gibran Wujudkan Dana Abadi Pesantren

Kata dia, Salam 4 Jari adalah untuk mendorong koalisi pasangan calon (paslon) capres-cawapres nomor urut 1 dan 3. Aksi ini juga untuk mencegah kecurangan dalam pemilu. “Sebuah ajakan salam 4 jari sebagai ekspresi politik bukan Prabowo-Gibran dari @johnmuhammad_,” cuit akun X @gitaputrid.

Gerakan tersebut mendapat ragam tanggapan dari warganet. Tak hanya merayap di jagat X, seruan Salam 4 Jari juga bergema di Instagram.

Baca juga : Mendarat Di Pekanbaru, Anies Disambut Teriakan “Anies Presiden”

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, mengaku belum tahu soal gerakan tersebut. Siapa yang menggagas dan dimunculkan siapa.

Meski begitu, Ketum PKB ini mengapresiasi kemunculan gerakan tersebut. “Ya pokoknya kita semua harus terus bergerak. Apapun cara kalian, mau pakai itu mau pakai yang lain yang penting kita tidak bisa membiarkan kemungkinan kepemimpinan ini salah,” kata Cak Imin, di Wonosobo, Sabtu (27/1/2024).

Baca juga : Sekjen Gerindra: Prabowo Menang Satu Putaran, Kader Jangan Sombong

Jubir Timnas AMIN, Mardani Ali Sera ikut menyambut baik gerakan tersebut. Menurut dia, gerakan tersebut berasal dari rakyat yang jengah melihat situasi politik saat ini. “Saya pikir ini gerakan yang simpatik. Sama-sama ingin mengawal pemilu agar tidak terjadi kecurangan dan menjaga pemilu Luber dan Jurdil,” kata Mardani, saat dikontak Rakyat Merdeka, Sabtu (27/1/2024).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.