Dark/Light Mode

Dapil Sulawesi Selatan II: Anak Menteri Berhadapan dengan Ahli Karate

Senin, 29 Januari 2024 08:42 WIB
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delapan petahana dari Dapil Sulawesi Selatan (Sulsel) II harus hati-hati jika tidak ingin kursinya didongkel penantang di Pemilu 2024. Sebab, penantang di dapil ini bukan kaleng-kaleng, di antaranya anak menteri, mantan kepala daerah, dan ahli karate.

Di Pemilu 2019, dapil yang meliputi Kabupaten, Barru, Bulukumba, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare ini dikuasai Golkar, yang merebut 2 kursi, oleh Andi Rio Idris Padjalangi dan Supriansa. Enam kursi sisanya diduduki Andi Muawiyah Ramly dari PKB, Andi Iwan Darmawan Aras dari Gerindra, Samsu Niang dari PDIP, Andi Akmal Pasluddin dari PKS, Muh Aras dari PPP, dan Andi Yuliani Paris PAN.

Di Pemilu 2024, para petahana ini ditantang oleh politisi sehat-hebat. Contohnya, di PKB mantan Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, mantan Bupati Pangkep Abdul Rahman Assegaf, dan mantan Anggota DPRD Sulsel dua periode Wawan Mattaliu.

Lalu, di Gerindra ada Andi Amar Ma'ruf Sulaiman putra Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Felicitas Rudiyanto yang merupakan istri Mantan Bupati Sinjai dua periode Andi Rudiyanto Asapa, pengusaha semen Andi Tajerimin Nur, dan Andi Mesyara Jerni Maswara yang merupakan atlet karate.

Baca juga : Habib Luthfi: Jangan Tanya Saya Nomor Berapa, Jelas dengan Pak Prabowo

Di PDIP juga banyak nama-nama beken. Seperti Andi Gunawan Pakki yang jabatan merupakan Staf Ahli Panglima TNI Bidang Kesejahteraan Personel dan La Ode Abdul Rauf yang merupakan komisaris PT Alga Group Indonesia.

Sedangkan di Golkar ada mantan Ketua Umum PSSI Nurdin Halid, Nathasa Sumana Wardani yang merupakan putri senior Golkar Malkan Amin, mantan Wali Kota Parepare Muhammad Taufan Pawe, mantan Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, serta mantan Bupati Pangkajene dan Kepulauan Syamsuddin Andi Hamid.

Partai NasDem, yang di Pemilu 2019 tak mendapat kursi di Dapil Sulsel II ini, membidik satu kursi melalui Teguh Iswara Suardi, putra Bupati Barru Suardi Saleh dan Desy Susanty Sutomo yang saat ini menjabat Anggota DPRD Sulsel. Sedangkan Partai Demokrat yang menurunkan Wakil Ketua DPRD Sulsel Nimatullah, mantan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan, dan Yusnawati Yusuf.

Caleg penantang dari Gerindra, Felicitas Rudiyanto, termasuk yang rajin menguatkan jaringan. Saat ini, ia terus turun ke Kabupaten Sinjai. Ia memohon doa restu dan dukungan untuk maju mengabdikan diri di DPR. "Saya mohon doa dan dukungannya, untuk sama-sama membersamai perjuangan kami untuk mengabdikan di DPR," ucap wanita yang akrab disapa dr Sita ini.

Baca juga : Lindungi ESG Indonesia, IBA Undang Mantan Mendagri Taiwan Dan Ahli Karbon

Ia mengajak masyarakat Sinjai untuk sama-sama mengawal pesta demokrasi ini dengan menyatukan persepsi dan pilihan untuk dirinya di DPR.

Sementara, Caleg penantang dari PDIP La Ode Abdul Rauf terus memanfaatkan sisa masa kampanye dengan sebaik-baiknya. Ia juga rajin menyapa masyarakat agar bisa terpilih ke Senayan. Selama masa kampanye, La Ode banyak menampung aspirasi masyarakat. Mulai dari persoalan pendidikan, kesehatan, pertanian, hingga UMKM. Salah satu isu yang banyak dikeluhkan adalah layanan kesehatan yang belum memadai, terutama di wilayah yang sulit dijangkau oleh kendaraan.

"Masukan dari masyarakat menjadi modal kami untuk bekerja ketika diamanahkan menjadi wakil rakyat di Senayan. Kami ingin menyajikan layanan kesehatan berkualitas. Tidak boleh lagi ada masyarakat yang dipersulit ketika hendak berobat. Pelayanan menjadi prioritas," janjinya.

Ia mengklaim tidak cuma saat ada maunya menyapa masyarakat. Dia mengaku kegiatan ini telah dilakukannya sedari dulu. "Saya turun ke masyarakat bukan hanya saat mencalonkan diri, tetapi hampir setiap saat. Insya Allah, kami hadir untuk memberikan bukti, bukan sekadar janji," kata La Ode.

Baca juga : Kursi Petahana Masih Belum Aman

La Ode memiliki misi untuk meningkatkan infrastruktur di berbagai sektor, terutama di Kabupaten Bone, dan memberikan dorongan bagi UMKM.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (29/1), dengan judul “Dapil Sulawesi Selatan II: Anak Menteri Berhadapan dengan Ahli Karate”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.