Dark/Light Mode

Hormati Keputusan Mahfud Mundur, Ganjar: Junjung Integritas!

Rabu, 31 Januari 2024 14:49 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah cawapres pendampingnya, Mahfud MD yang telah mengumumkan pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam. Menurut Ganjar, keputusan Mahfud itu menunjukkan Mahfud sebagai sosok yang berintegritas.

"Saya apresiasi beliau cukup punya integritas sangat tinggi dan beliau punya keinginan itu (menjunjung integritas)," kata Ganjar usai menghadiri acara dialog bersama masyarakat lintas etnis di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024).

Menurut Ganjar, Mahfud mengambil langkah tepat di tengah kenyataan banyak menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang terang-terangan mendukung salah satu pasangan calon tertentu. 

Baca juga : Ray Rangkuti Sarankan Mahfud Tidak Mundur Dari Menko Polhukam

Dia bilang, Mahfud memberikan pesan moral secara tersirat kepada sejumlah menteri yang turun gunung membantu pemenangan kandidat Pilpres 2024. 

"Ketika kemudian banyak orang bertanya, oh ini ada menteri membagi bansos dan kemudian pesan-pesan politiknya tersirat di sana, mungkin tidak tersurat tapi tersirat. Manusia kan bisa melihat dan merasakan. Lalu bagaimana kita mengurangi potensi potensi penggunaan fasilitas negara," jelas mantan gubernur Jawa Tengah itu. 

Dia berharap langkah Mahfud ini bisa diikuti menteri lain. "Saya orang yang hormat dan respect sama beliau pak Mahfud. Mudah-mudahan yang lain juga bisa ikut (mundur)," harap Capres berambut putih itu. 

Baca juga : Mahfud Mundur, Untung Apa Buntung

Sebelumnya, Mahfud MD mengumumkan mundur dari jabatan. Cawapres nomor urut 3 ini akan menyampaikan surat resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Jokowi, Kamis (1/2/2023).

"Besok, Kamis (1/2/2024), saya akan menyerahkan surat pengunduran diri saya ini kepada Bapak Presiden," kata Mahfud di sela kampanye di Lampung Tengah, tepatnya di depan Pure bernama Ulun Danu yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Rabu (31/1/2024).

Pengunduran diri Mahfud ini komitmen untuk menjaga independensi selama proses Pilpres 2024. Rencana ini juga telah dibicarakan sejak beberapa waktu lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.