Dark/Light Mode

Dalih Hindari Peta Data Tim Pemenangan Paslon

KPU Simulasi Pilpres Dengan Empat Capres

Jumat, 2 Februari 2024 07:15 WIB
Komisioner Komisi Pemilihan Umum KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat August Mellaz. (Foto: Dok. KPU)
Komisioner Komisi Pemilihan Umum KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat August Mellaz. (Foto: Dok. KPU)

 Sebelumnya 
“Ini simulasi saja. DPD itu kolomnya 12, padahal calonnya 11, nggak masalah,” kata Jati.

Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo khawatir dengan tidak sa­manya paslon capres-cawapres dalam surat suara simulasi dengan paslon sebe­narnya. Bila surat suara saat simulasi dan pemungutan suara yang sebenarnya, akan menimbulkan masalah.

Kata dia, bisa membingungkan masyarakat karena ada tiga paslon capres-cawapres pada Pemilu 2024, tetapi pada simulasi ada dua paslon dan sekarang malah empat paslon capres-cawapres.

Baca juga : Pendukung Ganjar-Mahfud Magelang Deklarasi Pemenangan Melalui Pesta Rakyat #23

“Simulasi itu mengarahkan rakyat. Kok, ini aku diberi tiga, wong kemarin simulasinya empat,” kata Rudy dalam keterangannya, Kamis (1/2/2024).

Rudy mengenang KPU Kota Solo sudah dua kali ini menggelar simulasi di tempat yang sama. Simulasi pertama menuai protes dari berbagai kalangan karena KPU meng­gunakan spesimen surat suara dengan dua pasang capres-cawapres.

“Kemarin dua diprotes, jadi empat. Ini gimana? Mbok, dijadikan 18 sekalian,” sergah Rudy.

Baca juga : Calon Pengganti Sudah Kedaluwarsa, Pengisian Pimpinan KPK Harus Melalui Pansel

Atas fakta itu, Rudy curiga KPU sen­gaja membuat simulasi surat suara capres-cawapres yang berbeda dengan desain aslinya. “Ini disengaja untuk mengaburkan masyarakat dalam memilih,” kritiknya.

Terlebih, kata Rudy, jumlah partai politik (parpol) maupun calon pada spesi­men surat suara untuk calon legislatif (caleg) di semua tingkatan dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sudah sesuai dengan yang asli.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 2 Februari 2024 dengan judul Dalih Hindari Peta Data Tim Pemenangan Paslon, KPU Simulasi Pilpres Dengan Empat Capres

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.