Dark/Light Mode

Paguyuban Tionghoa Imbau Warga Hadir Ke TPS, Tunda Dulu Libur Dan Cuti

Senin, 5 Februari 2024 13:59 WIB
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) saat diterima oleh presiden Jokowi, belum lama ini. (Foto: Ist)
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) saat diterima oleh presiden Jokowi, belum lama ini. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) meminta seluruh elemen masyarakat, terutama warga Tionghoa untuk menggunakan hak pilihnya di hari pemungutan suara, 14 Februari 2024 nanti.

Wakil Sekretaris Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Anthony Leong menyampaikan bahwa pesta demokrasi ini menjadi kesempatan emas bagi warga negara untuk menentukan arah dan masa depan bangsa untuk lima tahun ke depan.

Karena itu, pihaknya merasa perlu mengajak seluruh masyarakat Indonesia, semua warga negara, untuk aktif berpartisipasi dalam pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. 

Baca juga : Gowes Santuy, Kaesang Ingatkan Warga Ke TPS Tanggal 14 Februari

"Kita pilih kandidat pemimpin terbaik dari yang terbaik. Yang pengusaha tidak perlu libur liburan terlebih dahulu, yang karyawan jangan minta cuti dulu karena ada pesta demokrasi yang sangat penting menentukan arah bangsa kita," ujar Anthony pada keterangannya Senin, (5/2).

Di Indonesia dalam 6 pemilihan terakhir (pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan kepala daerah), terdapat kenaikan tingkat partisipasi pemilih. 

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 menghasilkan partisipasi pemilih yang paling tinggi sebesar 81,9 persen, meningkat dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 sebesar 69,6 persen. 

Baca juga : Ledakan Di Bangkalan: Rumah Warga Rusak, Lalu Lintas Ke Pelabuhan Lumpuh

Begitu pula dalam pemilihan kepala daerah, di mana partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 sebesar 76,9 persen, meningkat dari pemilihan kepala daerah tahun 2015 (70 persen), 2017 (74 persen), dan 2018 (73,2 persen).

"Kita harapkan bahwa partisipasi pemilih bisa diatas 85 persen untuk pilpres 2024 sehingga kontestasi bisa berkualitas. Untuk itu kita pastikan semua elemen masyarakat ayo ke TPS. Get out the vote," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda (BPP HIPMI) itu.

PSMTI yang baru diterima oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu ini pun berharap bahwa program pemerintah saat ini bisa dilanjutkan oleh presiden terpilih agar terjadi kesinambungan pembangunan yang sudah dikerjakan oleh pemerintah saat ini. 

Baca juga : Wedangan Bareng Komunitas, Alam Ganjar Harap Anak Muda Makin Produktif

Anthony menyebut bahwa kini di era pasca reformasi perlu kolaborasi dengan berbagai pihak dan kalangan. 

"Tentunya dalam berkontribusi untuk pembangunan nasional ke depan perlu kolaborasi berbagai pihak dan tidak memandang latar belakang. Kita perlu dorong kader terbaik untuk bisa berkontribusi untuk sektor ekonomi dan pemerintahan," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.