Dark/Light Mode

Dominasi TikTok, Puspenpol Sebut Prabowo Kuasai Sosmed Di Debat Pamungkas

Selasa, 6 Februari 2024 16:33 WIB
Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) Adrian Zakhary. (Foto: Ist)
Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) Adrian Zakhary. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menjadi Capres yang paling banyak diperbincangkan di media sosial, khususnya TikTok, jelang dan pasca debat Capres pamungkas Minggu sampai Senin, 5-6 Februari 2024. Setelah itu disusul Anies Baswedan di urutan kedua, dan Ganjar Pranowo di tempat ketiga. 

Hasil tersebut diperoleh dari analisis yang dilakukan Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) dari tanggal 4 Februari 2024 jam 18.00 WIB hingga 5 Februari 2024 jam 12.00 WIB. Hasil analis memperlihatkan ketiga Capres berlomba-lomba dalam mendapatkan jumlah mention, jangkauan total, serta interaksi di TikTok guna menarik perhatian publik.

Dari analisis diketahui, selama periode tersebut, Prabowo Subianto menjadi Capres yang paling banyak diperbincangkan dengan mencetak skor tertinggi dalam hal mention yaitu mencapai 1529, total jangkauan, dan interaksi di TikTok. Hal ini menunjukkan kekuatan Prabowo dalam menarik perhatian masyarakat lewat media sosial.

Baca juga : Budiman Sudjatmiko Jelaskan Makna Pernyataan Penutup Prabowo di Debat Pamungkas Pilpres 2024

“Pada 4-5 Februari 2024, tepatnya saat debat capres dan pasca debat capres berlangsung, mention terkait semua paslon menunjukkan angka yang tinggi. Namun, jika kita lihat data klasifikasinya, Capres 02 terbesar, disusul Capres 01 di posisi kedua dan Capres 03 di posisi terakhir," kata Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol), Adrian Zakhary, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/2/2024).

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Puspenpol, salah satu video yang digunakan adalah video pidato penutup Prabowo pada debat terakhir capres. Video tersebut mencapai 4,1 juta penonton, 2670 likes, 55 komentar, dan 305 bookmark yang menandakan penyimpanan video.

Dari analisa, hashtag dalam kurun waktu sepanjang masa hingga 4 Februari lalu, #Prabowo mencapai 22,4 miliar penayangan dan juga #Gibran yang mencapai 12,7 miliar penayangan, melebihi paslon lain 10 miliar.

Baca juga : Mahasiswa Ibu Kota Gelar Nobar Debat Capres Pamungkas

“Selama debat dan pasca debat Capres, Video FYP atau viral didominasi oleh Prabowo. Salah satu konten tertinggi Capres 02 itu berasal dari UGC akun netizen yang mempublikasi pernyataan penutup dari Prabowo Subianto yang meminta maaf kepada Paslon lain, menunjukkan kebesaran jiwa sebagai negarawan dan kebijaksanaannya, bisa jadi konten-konten UGC tersebut mendapat perhatian khusus dari para pengguna TikTok Indonesia," tambahnya.

Hal ini menandaskan konten-konten UGC yang terkait dengan Prabowo mendapatkan perhatian khusus dari para pengguna TikTok di Indonesia, yang notabene adalah pengguna terbesar kedua di dunia setelah China.

Tidak hanya dalam jumlah mention, Prabowo juga unggul dalam hal konten User Generated Content (UGC) dengan 1.798.500 video, sebuah angka yang jauh melebihi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Video-video yang menjadi viral dan memperlihatkan momen-momen kunci Prabowo, seperti pernyataannya yang menunjukkan kebesaran jiwa dengan meminta maaf kepada paslon lain, mendapat perhatian khusus dari pengguna TikTok Indonesia.

Baca juga : TvOne Jadi Televisi Penyelenggara Debat Pamungkas

Kinerja Prabowo di TikTok bukan hanya sekedar angka. Ini mencerminkan strategi komunikasi politik yang efektif dalam memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pemilih, khususnya generasi muda yang aktif di media sosial. Dengan lebih dari 106 juta pengguna aktif di Indonesia, TikTok telah menjadi sumber referensi politik yang signifikan, mempengaruhi pandangan dan preferensi pemilih muda.

Pilpres 2024 menunjukkan betapa pentingnya media sosial sebagai medan pertarungan politik, di mana para calon presiden berusaha keras untuk memenangkan hati dan pikiran pemilih. Prabowo Subianto, dengan dominasinya di TikTok, telah menunjukkan kekuatan strategi digitalnya, mungkin memberikan indikasi kuat terhadap hasil pemungutan suara yang akan datang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.