Dark/Light Mode

Garda Matahari Ajak Generasi Z Jadi Pemilih Rasional

Kamis, 8 Februari 2024 22:35 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Garda Matahari mengajak generasi Z dan generasi milenial untuk menjadi pemilih rasional dalam Pemilu 2024.

Garda Matahari menggelar kegiatan diskusi bersama milenial dan gen Z pada Rabu (7/2/2024).

Kegiatan yang bertajuk Muda Mudi Perubahan ini mengambil tema besar, “Oase Baru di Tengah Politik Toxic”.

Gelaran diskusi ini mendatangkan berbagai narasumber. Mulai dari Jubir Muda Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) Wulan Sari Mochtar, Latifina Ali, dan Aji Pratama.

Juga, Co Captain 7 Timnas AMIN Leontinus Alpha Edison  yang juga founder dari e-commerce Tokopedia.

Baca juga : Orde Muda Ajak Pilih Pemimpin Yang Perjuangkan Pemuda

Sedangkan dari internal Garda Matahari diwakili oleh divisi pemuda yakni Mizan Al-Araaf dan Damurrosysyi Mujahidain.

Forum kepemudaan yang dilaksanakan di Owl Claws Coffee and Space, Jakarta Pusat ini menghadirkan generasi Z dan milenial yang beberapa di antaranya masih berstatus swing voters atau belum menentukan pilihan.

Diawali dari pemaparan divisi pemuda Garda Matahari, Mizan tekankan beberapa alasannya memilih pasangan calon Anies-Muhaimin dalam kontestasi pemilihan presiden 2024.

Menurutnya, ada beberapa kriteria yang tepat dalam tubuh pasangan calon nomor urut satu itu.

Mulai dari model berkampanye yang mendidik, hingga visi-misi yang komprehensif dan detail membahas segala problem kebangsaan.

Baca juga : Ingin Tingkatkan Inovasi, Pemuda Pemilih Pandai Ajak Gen Z Pilih Prabowo-Gibran

“Saya tekankan pilihan saya jatuh pada Anies-Muhaimin dengan beberapa alasan rasional. Mulai dari cara berkampanye yang berbeda dari biasanya serta benar-benar mendidik publik secara baik, hingga penyusunan visi-misi yang detail dan menyeluruh,” jelas Mizan, Kamis (8/2/2024). 

Pada pemaparan selanjutnya, para narasumber menjelaskan dengan baik beberapa pembahasan mengenai pelaksanaan pemilu saat ini dan kaitannya dengan urgensi dari generasi z dan milenial.

Para pemateri selalu menekankan pentingnya melakukan pertimbangan secara matang sebelum menentukan pilihan.

Tentu, pertimbangan yang dilakukan itu tidak boleh diintervensi oleh pihak lain yang dengan sengaja mempengaruhi keputusan dengan cara yang kurang baik.

Co Captain 7 Timnas AMIN, Leontinus Alpha Edison juga turut mendukung kegiatan pengembangan pemuda khususnya pada kegiatan pemenangan pasangan calon nomor urut 1 itu.

Baca juga : Kaukus Perempuan Muda Matahari Deklarasi Prabowo-Gibran Di Bandung

Ia juga menjelaskan betapa contoh meritrokrasi berjalan pada tubuh Timnas AMIN.

“Ada satu hal yang membuat tim sukses saty berbeda dari pasangan calon lainnya. Ya, bagaimana meritrokrasi berjalan dalam tubuh tim dengan baik yang ini akan menjadi gambaran positif ketika Anies-Muhaimin menjadi presiden dan calon presiden Indonesia,” jelasnya.

Diskusi berjalan dengan baik yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari audience.

Dialog interaktif tersebut mengundang banyak pertanyaan serta keresahan kaum muda dalam konteks Pemilu, khususnya untuk menentukan calon presiden mana yang akan dipilih nantinya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.