Dark/Light Mode

H-2 Pencoblosan

Imin Pulang Kampung, Gibran Ngantor Lagi, Mahfud Masih Umroh

Selasa, 13 Februari 2024 08:20 WIB
Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD. (Foto: Antara)
Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang hari pencoblosan, ketiga Cawapres masih sibuk dengan kegiatannya. Muhaimin Iskandar memilih pulang kampung ke Jombang, Gibran Rakabuming Raka kembali ngantor sebagai Wali Kota Solo. Sedangkan, Mahfud MD masih umroh.

Di tanah kelahirannya, Cawapres nomor urut 01, Cak Imin-sapaan Muhaimin Iskandar- menyempatkan diri bertemu Ibunya, Muhasonnah Iskandar dan meminta doa restu ke makam ayahnya, Muhammad Iskandar di Pondok Pesantren Denanyar, Jombang.

Ketua Umum PKB ini mengatakan, selama di Jombang, mendapat pesan dari Ibunda agar menjadi pribadi yang legowo dan menerima apapun hasil pencoblosan besok. "Beliau cuma pesan supaya terus berdoa, terus memohon kepada Allah karena manusia ini hanya bisa berusaha, Allah lah yang akan menentukan takdirnya," kata Cak Imin kepada wartawan di Jombang, Senin (12/2/2024).

Menurutnya, apa yang dipesankan Ibunda merupakan cerminan dari sikap almarhum ayahnya sebagai pribadi yang penyabar sekaligus pekerja keras. Ia pun menjadikan sosok ayahnya sebagai inspirasi, meskipun hal itu bukan sesuatu yang mudah untuk diterapkan dalam kehidupan pribadinya. 

"Beliau seorang yang sabar, ayahanda saya ini yang ngajarkan kepada kita untuk tidak mudah menyerah, terus berjuang," ucap Cak Imin.

Selagi di Jombang, Cak Imin juga menyempatkan berziarah ke makam kiai para pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yakni KH Wahab Chasbullah dan KH Bisri Syansuri. Menurutnya, kedua tokoh ini memiliki ketegasan dan keteguhan prinsip, karena tidak pernah setuju pada beberapa prinsip yang bertentangan dengan keyakinan dan logika.

Baca juga : HUT Ke-17 Hanura Teramai, OSO Manggung Bareng Mahfud Di Karimun

"Keteladanan adalah keberanian sikap untuk mengambil keputusan dengan tanpa kompromi. Moga-moga saya bisa meneladani keteguhan, keyakinan dan keberanian dalam bersikap," tuturnya.

Cak Imin pun bertemu dengan para pengurus pesantren di Jawa Timur. Lebih lanjut, Cak Imin menyebut akan segera kembali ke Jakarta untuk melakukan serangkaian rapat mengenai pengawasan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Cak Imin sendiri bakal nyoblos di Kemang, Jakarta Selatan.

Cak Imin juga mengatakan akan berdoa agar yang melakukan kecurangan mendapatkan hidayah. Dia juga mendoakan semua pihak agar berlaku jujur dan adil dalam pesta demokrasi lima tahunan. 

"Semua kita doakan baik, semua yang mau jahat semua yang mau curang hari besok sampe dua hari kita doakan semoga dapat hidayah. Semoga sadar semoga menjadikan Pemilu ini hasilnya sangat objektif kemudian legitimate," pungkasnya.

Sementara itu, Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka mengisi masa tenang kampanye dengan menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Solo. Sejak Senin (12/2/2024) pagi, Gibran sudah melakukan peninjauan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang mendapatkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT SHA Solo.

Lokasi pertama yang ditinjau Gibran adalah di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon. Gibran melihat tiga rumah yang telah selesai diperbaiki dengan bantuan dari PT SHA.

Baca juga : Puluhan Ribu Orang Hadiri Kampanye Ganjar-Mahfud di Siantar-Simalungun

Gibran menjelaskan, Kelurahan Mojo merupakan zona merah kemiskinan di Kota Solo. Oleh karenanya, dia menanjikan, bakal mengebut perbaikan RTLH agar warganya dapat hidup dengan tenang. "Kami usahakan secepatnya selesai, kami cicil,” pungkasnya.

Setelah melakukan peninjauan di Kelurahan Mojo, Gibran lanjut melakukan peninjauan ke Kelurahan Kampung Sewu dan dilanjutkan ke Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres. Siangnya, Gibran mengikuti graha paripurna di Kantor DPRD Solo dan menghadiri pembekalan linmas Pam Pemilu tahun 2024 di Aula Warastratama.

Tak sampai disitu, Gibran masih punya kegiatan lanjutan selepas jam kerja. Dia direncakan menuju Kota Blitar, Jawa Timur untuk menghadiri pengajian rutin mingguan bersama Gus Iqdam.

Sementara Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD. memilih beribadah umroh ke Tanah Suci. Mahfud berangkat ke Tanah Suci pada Sabtu (10/2/2024) malam, dan akan pulang pa­da Selasa (13/2/2024).

Di Tanah Suci, Mahfud langsung melaksanakan ibadah umroh. Momen ini diabadikan Mahfud lewat unggahan Instagram pribadinya @mohmahfudmd.

Dari postingan itu, Mahfud dan rombongan tampak mengenakan pakaian ihram. Ia terlihat khusuk beribadah. Dari Mekkah, Mahfud dijadwalkan menuju Masjid Nabawi di Madinah untuk melanjutkan rangkaian ibadah umrah.

Baca juga : Ganjar Kembulan Sama Santri, Mahfud Cicipi Lodeh Lampung

"Alhamdulillah saya bisa khusyuk beribadah sembari memanjatkan doa di rumah Allah (Baitullah) untuk kebaikan Indonesia dan kita semua," tulis Mahfud di unggahannya, dikutip Senin (12/2/2024).

Sebelumnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengaku, tak ada doa khusus yang akan dipanjatkannya di Baitullah. Dia ingin menjadikan ritual umrohnya murni untuk beribadah. 

Mahfud juga mengimbau kepada semua pihak dan seluruh rakyat Indonesia untuk mema­tuhi aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sekaligus saling menghormati. Menurutnya, masa tenang hendaknya dipakai untuk bertafakur bukan atur siasat buat curang.

Mahfud ber­harap, di masa tenang menjelang pencoblosan, tak ada provokasi dan gangguan. Menurutnya, masa tenang tidak boleh ada seorangpun yang saling mengganggu. Sebab, pilihan rakyat merupakan hak pribadi yang tidak bisa diintervensi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.