Dark/Light Mode

Janji Koreksi Data Suara Salah Di Sirekap, Ketua KPU: Tidak Ada Niat Manipulasi

Kamis, 15 Februari 2024 22:55 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: YouTube/KPU RI)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: YouTube/KPU RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari berjanji akan mengoreksi kesalahan data di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Ia menegaskan pihaknya tidak memiliki niat untuk memanipulasi Formulir Model C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara Pemilu 2024. 

Baca juga : Ketua KPU Jangan Ngawur

"Karena pada dasarnya Formulir C1 Hasil Plano diunggah apa adanya," ungkap Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, dilansir ANTARA, Kamis (15/2).

Ia menjelaskan bahwa Formulir Model C1-Plano yang diunggah oleh petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Sirekap bertujuan baik, yakni agar datanya dapat dimonitor dan disaksikan secara transparan oleh siapapun.

Baca juga : Sanksi Etik DKPP Kepada Ketua KPU Tak Pengaruhi Pencalonan Gibran Jadi Cawapres

Hasyim memaparkan bahwa progres publikasi Sirekap hingga Kamis sore (15/2), mencapai 43,58 persen dari total 823.236 TPS yang telah diunggah sebanyak 358.775.

Ia menekankan bahwa KPU akan terus mengunggah Formulir Model C1-Plano untuk menjaga transparansi hingga batas akhir.

Baca juga : Mega Nggak Bisa Lagi Nahan Sabar

KPU mengakui, sistem konversi yang dipakai KPU untuk membaca data suara di C1-Plano masih kurang akurat atau kurang tepat.

"Nanti akan dilakukan koreksi supaya sesuai dengan apa yang formulir yang diunggah," janjinya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.