Dark/Light Mode

Konser Musik, Event Olahraga Dan Pameran Picu Ekonomi Jakarta Tumbuh 4,93 Persen

Rabu, 15 November 2023 19:50 WIB
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia BI DKI Jakarta, Arlyana Abubakar dan jajaran dalam bincang bincang Media di Bandung, Selasa (14/11/2023) malam. (Foto: Ist)
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia BI DKI Jakarta, Arlyana Abubakar dan jajaran dalam bincang bincang Media di Bandung, Selasa (14/11/2023) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konser musik, event olahraga dan pameran memberi dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Jakarta. Bank Indonesia mencatat, data triwulan ketiga ini, pertumbuhan ekonomi di Jakarta hampir sama dengan tingkat nasional yaitu diangka 4,93 persen.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan, pertumbuhan itu bisa tetap kuat karena dibantu oleh beberapa faktor seperti konsumsi rumah tangga, mobilitas masyarakat, konser, kegiatan olahraga.

"Konser band Korea ya itu banyak peminatnya termasuk konser band dalam negeri, kemudian kegiatan ASEAN juga banyak mendorong peningkatan ekonomi di Jakarta," ungkap Arlyana dalam bincang bincang Media di Bandung, Selasa (14/11/2023) malam.

Selain itu lanjutnya, kinerja investasi juga tumbuh positif sejalan dengan akselerasi penyelesaian proyek strategis baik Pemerintah maupun swasta. Dari sisi Lapangan Usaha, masih solidnya pertumbuhan ekonomi Jakarta pada triwulan III-2023 terutama ditopang oleh LU Infokom, Jasa Keuangan dan Konstruksi.

Baca juga : OJK Minta Industri Keuangan dan Perbankan Mitigasi Kejahatan Siber

Pertumbuhan ekonomi Jakarta itu terang Arlyana selaras dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Di tengah ketidakpastian ekonomi global yang semakin tinggi, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap tumbuh baik dan berdaya tahan.

Pada triwulan III-2023, pertumbuhan ekonomi Nasional tumbuh 4,94% (yoy), meskipun sedikit melambat dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 5,17% (yoy), yang ditopang oleh permintaan domestik yang solid.

Pertumbuhan ekonomi Nasional dan Jakarta yang tetap kuat juga disertai dengan inflasi yang terkendali dalam sasaran 3±1%. Inflasi Jakarta pada Oktober 2023 tercatat sebesar 2,08% (yoy) dan masih lebih rendah dibandingkan dengan inflasi Nasional sebesar 2,56% (yoy).

Meskipun demikian bebernya, inflasi tersebut sedikit meningkat dari bulan lalu (1,89% yoy).

Baca juga : Triwulan III 2023, Ekonomi Jateng Tumbuh 5,07 Persen, Masih Berpotensi Meningkat

"Tekanan inflasi terutama bersumber dari kelompok Volatile Food (VF) sejalan dengan kenaikan harga beras dan daging ayam ras serta kelompok Administered Prices (AP) yang didorong oleh kenaikan harga rokok kretek filter dan rokok putih sejalan dengan kenaikan cukai rokok," ungkap Arlyana.

Dia menjelaskan, inflasi yang masih tetap terjaga merupakan hasil nyata dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) dalam TPIP dan TPID, dan dukungan penguatan GNPIP di berbagai daerah.

Ke depan lanjut dia, perekonomian DKI Jakarta diprakirakan masih akan melanjutkan pertumbuhan yang tinggi pada 2023. Tingginya pertumbuhan ekonomi Jakarta tersebut didorong oleh mobilitas masyarakat yang semakin meningkat, optimisme masyarakat dan aktivitas pariwisata yang semakin meningkat didorong oleh pelaksanaan berbagai event dan MICE, hingga berlanjutnya berbagai proyek infrastruktur strategis baik Pemerintah maupun swasta.

Terlepas dari perkembangan positif tersebut, prospek dan laju pemulihan ekonomi Jakarta masih dibayangi oleh tingginya risiko baik yang bersumber dari global maupun domestik, yaitu masih berlanjutnya ketegangan geopolitik, berlanjutnya kenaikan suku bunga (FFR), serta perlambatan global dan tertahannya perekonomian China.

Baca juga : Akhir Tahun 2023, BNI Optimistis Kredit Tumbuh 7-9 Persen

Adapun untuk prospek inflasi IHK secara keseluruhan tahun 2023 diprakirakan terkendali dalam sasaran 3,0+1% (yoy). Tekanan inflasi pada 2023 tersebut diprakirakan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya sejalan dengan normalisasi kenaikan harga BBM pada Tw III 2022 serta relatif masih terjaganya pasokan pangan didukung oleh penguatan program dalam rangka GNPIP.

Namun demikian, terdapat beberapa risiko yang perlu diwaspadai karena berpotensi dapat meningkatkan tekanan inflasi. Risiko tersebut diantaranya adalah dari sisi VF El Nino, kebijakan pembatasan ekspor negara produsen, tingginya harga pupuk dan pakan ternak, serta tertahannya pasokan impor bawang putih.

"Dari sisi AP kenaikan harga minyak dunia, serta lalu dari sisi CI kenaikan sewa/kontrak rumah seiring perbaikan mobilitas dan kenaikan harga emas dunia,"sebutnya.

Karena itu, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak perlu untuk dilakukan dalam rangka memperkuat pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi DKI Jakarta yaitu dengan menjaga daya beli dan keberlangsungan konsumsi rumah tangga, terutama jelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) Nataru dan Pemilu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.