Dark/Light Mode

Juara Dua Pileg, Beringin Bayangi Banteng

Sabtu, 17 Februari 2024 08:07 WIB
Tabel hasil real count sementara Pemilu 2024. (Foto: Tangkapan layar)
Tabel hasil real count sementara Pemilu 2024. (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar membuat kejutan di Pemilu 2024. Meski tak ada kadernya yang maju sebagai Capres atau Cawapres, partai berlambang pohon beringin itu sukses menjadi juara dua di Pileg 2024. Posisi Golkar kini membayangi PDIP, yang masih menjadi juara Pileg.

Kesuksesan Golkar ini terlihat dari hasil quick count beberapa lembaga survei. Hasil quick count Litbang Kompas misalnya, menunjukkan Golkar meraih 14,65 persen suara, di bawah PDIP yang meraih 16,29 persen. Lalu, Charta Politika menunjukkan, Golkar meraih 13,65 persen, di bawah PDIP berada di yang meraih 15,85 persen.

Selanjutnya, hasil quick count Indikator Politik Indonesia (IPI) memperlihatkan, Golkar meraih 14,88 persen. Perolehnya selisih sedikit dari PDIP yang meraih 16,77 persen.

Baca juga : Startup Safari Berikan Pengalaman Berbisnis Bagi Enterpereneur Muda

Hasil quick count ini tidak jauh berbeda dengan hasil perhitungan sebenarnya (real count) yang dirilis KPU, dengan data masuk sudah di atas 40 persen. Hasilnya, Golkar kokoh di posisi kedua dengan 14,55 persen, selisih kurang dari 2 persen dari PDIP yang meraih 16,26 persen.

Elite Golkar amat senang dengan perolehan suara ini. "Alhamdulillah ini capaian yang patut disyukuri. Ini menunjukkan kerja kolaboratif semua pihak, baik infrastruktur partai maupun Caleg. Ini juga kejituan strategi yang diterapkan," jelas politisi senior Golkar yang juga Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Muhammad Sarmuji.

Lalu, apa rahasia Golkar bisa menjadi juara dua Pileg 2024. Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menyatakan, hal itu tak lepas dari kecerdasan Golkar memilih caleg-caleg yang bertarung di daerah pemilihan (dapil). “Mereka menempatkan caleg-caleg berkualitas secara merata di semua dapil," ujar Agung, kepada Rakyat Merdeka, Jumat (16/2/2024).

Baca juga : Juara 1 Pemilu, PDIP-Gerindra Bersaing Ketat

Agung lalu menyoroti suara PDIP yang mengalami penurunan dibanding Pileg-Pileg sebelumnya. Di Pileg, suara partai berlambang banteng tersebut hampir disalip Golkar. 

"Di luar itu, dalam konteks PDIP, sesungguhnya raihan suara PDIP turun dibandingkan Golkar yang melesat. Sehingga ini menjadi pekerjaan rumah bagi PDIP untuk menghadirkan sosok Presiden baru setelah Jokowi," pungkasnya.

Untuk PDIP, meski raihan suaranya turun, mereka tetap bersyukur. Sebab, kemenangan di Pileg ini mengantarkan PDIP meraih hattrick alias menang tiga kali berturut-turut. Ini adalah rekor keberhasilan sebuah partai setelah era reformasi.

Baca juga : Orde Muda Ajak Pilih Pemimpin Yang Perjuangkan Pemuda

"Ini ketiga kalinya kami unggul dalam Pileg. Ini yang dinamakan sebagai hattrick," ucap politisi senior PDIP Hendrawan. 

Kendati demikian, Hendrawan memastikan PDIP tidak jumawa sekalipun memenangi Pileg tiga kali berturut-turut. "Kami unggul karena kepercayaan yang diberikan rakyat. Jadi kami harus tetap amanah, kritis, dan konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat," tandas anggota Komisi XI DPR itu.

Artikel ini di Harian Rakyat Merdeka, edisi Sabtu (17/2), dengan judul “Juara Dua Pileg, Beringin Bayangi Banteng”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.