Dark/Light Mode

EN-LMND Minta Semua Pihak Hormati Hasil Pemilu 2024

Selasa, 20 Februari 2024 23:10 WIB
Ketua Umum Ketum LMND, Samsudin Saman. Foto: Istimewa
Ketua Umum Ketum LMND, Samsudin Saman. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND) meminta semua pihak baik dari kalangan politisi, akademisi, aktivis mahasiswa dan kalangan rakyat biasa menghormati dan menerima hasil Pemilu 2024.

"Persatuan dan kesatuan bangsa indonesia haruslah diutamakan," ujar Ketua Umum (Ketum) LMND, Samsudin Saman, di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Pria yang akrab disapa Udi itu mengungkapkan, gelaran Pilpres 2024 sudah berlangsung enam bulan hingga puncaknya saat pemilihan pada 14 Februari 2024.

Masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, antusias datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan hak pillihnya.

Baca juga : MUI Ajak Para Dai Jadi Juru Damai Pasca Pemilu 2024

Selaku Ketum LMND, Udi menyampaikan prinsip demokrasi adalah mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana yang diamanahkan oleh pendiri bangsa seperti Soekarno dan Muhammad Hatta.

"Yaitu perwujudan demokrasi tidak hanya sebatas demokrasi politik, melainkan demokrasi ekonomi haruslah juga diwujudkan," tekannya.

Menurutnya, kalah atau menang dalam kontestasi Pemilu adalah hal wajar. Sebab, rakyatlah sebagai pemegang daulat dalam negara yang menganut sistem demokrasi.

Apalagi, semua calon presiden dan wakil presiden merupakan putra terbaik bangsa. Jadi, semua pihak, baik dari partai koalisi maupun relawan dari masing-masing pasangan calon harus berbesar hati apapun hasil Pemilu 2024.

Baca juga : Mewaspadai Perang Cyber Hasil Pemilu 2024

“Apapun yang diumumkan KPU secara resmi nantinya, harus di hormati dan menerima hasilnya," pesannya.

Untuk diketahui, hitung cepat lembaga survei sudah bermunculan. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul signifikan dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melaksanakan proses perhitungan suara Pemilu 2024. Informasi mengenai hasil real count Pemilu 2024 dapat diakses secara berkala oleh masyarakat.

Hasil real count Pemilu 2024 tidak secepat quick count karena penghitungan suara berdasarkan data perolehan suara yang diperoleh dari dokumen Formulir Model C1 Plano (catatan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu) dari seluruh TPS.

Baca juga : Haidar Alwi: Audit Sirekap KPU Tak Akan Ubah Hasil Pemilu

Cara kerja real count Pemilu 204 dilakukan oleh KPU melalui petugas KPPS dan ada juga melalui saksi-saksi di TPS yang dibantu dengan alat bantu dalam rangka mendokumentasikan hasil perolehan suara Pemilu di TPS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.