Dark/Light Mode

Andreas Hugo Pareira Di Podcast Ngegas RM

Pemilu 2024 Banyak Kejanggalan

Rabu, 6 Maret 2024 08:00 WIB
Politikus senior PDIP, Andreas Hugo Pareira saat menjadi narasumber di Podcast Ngegas Rakyat Merdeka, Selasa (5/3/2024). (Foto: Fitri/RM.id)
Politikus senior PDIP, Andreas Hugo Pareira saat menjadi narasumber di Podcast Ngegas Rakyat Merdeka, Selasa (5/3/2024). (Foto: Fitri/RM.id)

 Sebelumnya 
Sebenarnya apa yang menjadi target dari hak angket ini? Kata Andreas, hak angket untuk menyelidiki penyelenggara negara yang diduga melakukan pelanggaran. “Bahwa kemudian arahnya kemana itu tergantung dalam proses penyelidikan dan proses interaksi di parlemen nanti,” katanya.

Anggota Komisi X DPR ini mencontohkan hak angket pada Bank Century. Memang sudah lama, karena selama periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo, DPR belum pernah menggunakan hak angketnya.

Andreas menyebut hak angket merupakan hal biasa. Tujuannya, untuk mengungkap kebenaran atas berbagai dugaan kecurangan yang terjadi selama ini dari pihak penyelenggara negara, termasuk KPU dan Bawaslu.

Baca juga : Masyarakat Tenang Ya, Tak Perlu Panic Buying

“Jadi pihak 02 tidak perlu terlalu takut. Karena itu hal yang biasa, hanya interaksi antara DPR dengan penyelenggara negara,” pesan politisi kelahiran Maumere 59 tahun silam ini.

Terkait kecurigaan sejumlah pihak bahwa hak angket untuk menggagalkan hasil Pilpres 2024 dan memakzulkan Presiden Jokowi, politisi asal Nusa Tenggara Timur itu membantahnya. Kata dia, tidak mudah untuk menggalkan hasil pemilu seperti tuduhan dari pihak lawan.

“Tapi kalau ada indikasi TSM yang kuat, bisa saja terjadi. Menurut saya, perlu adanya hak angket itu untuk membuktikan kepada rakyat. Rakyat perlu tahu secara terbuka, apa sih yang sebenarnya terjadi,” tegasnya.

Baca juga : Real Madrid Vs RB Leipzig, Los Blancos Tak Jumawa

Andreas memastikan, gerakan politiknya bukan semata-mata untuk kepentingan PDIP. Ia memastikan, PDIP tidak bergerak hanya karena elektoral. Melainkan atas dasar ideologi atau ketika ada ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia menegaskan, kalau ancamannya berkaitan dengan konstitusi, pasti PDIP akan bersikap. Misalnya, sikap PDIP yang sebelumnya tegas menolak jabatan presiden 3 periode maupun perpanjangan masa jabatan presiden.

“Kalau yang berkaitan dengan elektroal, kita bekerja secara elektoral. Tidak harus menggunakan berbagai kekuasaan yang kita miliki untuk memperoleh elektoral itu,” pungkasnya.

Baca juga : Tanpa CR7, Portugal Bisa Juara

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 6 Maret 2024 dengan judul Andreas Hugo Pareira Di Podcast Ngegas RM, Pemilu 2024 Banyak Kejanggalan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.