Dark/Light Mode

Caleg Suara Terbanyak

Bos Banggar Kalahkan Ibas Dan Puan

Minggu, 10 Maret 2024 08:10 WIB
Ketua Badan Anggaran DPR MH Said Abdullah.  (Foto: DPR)
Ketua Badan Anggaran DPR MH Said Abdullah. (Foto: DPR)

 Sebelumnya 
Dengan meraih 600 ribuan suara, membuat Said unggul atas Ibas dan Puan Maharani. Ibas dari Partai Demokrat yang bertarung di Daerah Pemilihan Jatim VII, berhasil mengumpulkan suara sementara sebanyak 318.223. Puan dari PDIP, yang mewakili Dapil Jawa Tengah V, meraih 187.681 suara.

Mendengar hal ini, politisi PDIP lainnya, Hendrawan Supratikno meminta publik untuk bersabar. Mengingat proses penghitungan suara belum sepenuhnya selesai.

“Proses perhitungan masih terus berlangsung. Sabar dulu. Masih mungkin ada perubahan sampai 20 Maret nanti. Jangan berspekulasi yang tidak-tidak,” pesan Hendrawan.

Baca juga : Edan, Pilot Dan Co Pilot Batik Air Molor Di Udara

Soal ancaman bahwa Ketua Umum PDIP tidak akan melantik kadernya yang mendapat suara bagus, tapi tidak linear dengan suara Ganjar-Mahfud, Hendrawan tidak mau berandai-andai.

Menurutnya, kontribusi yang dilakukan para caleg telah maksimal. Apalagi jika sampai menjadi caleg dengan perolehan suara tertinggi se-Indonesia. Hal ini tentu bermanfaat bagi partai.

“Nanti akan dipelajari kasus per kasus. Yang jelas, suara yang besar memberi kontribusi yang menggembirakan dan penting untuk partai,” ujar anggota Komisi XI DPR ini.

Baca juga : Hidayat Nur Wahid: Sistem Pemilu 1999 Bisa Digunakan Lagi

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menilai keberhasilan Said dalam meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024 kali ini tentu layak mendapat apresiasi besar. Sebab, sosok Said mengakar membuat perolehan suara PDIP di Jatim mampu memecahkan rekor. “Termasuk suara pribadi Said juga rekor karena tertinggi di Indonesia,” katanya.

Adi pun memaparkan dua hal terkait keberhasilan Said. Pertama, magnet politik Said di Madura yang tak tergantikan oleh figur lain. Kedua, posisinya sebagai ketua PDIP Jatim mampu menjadi kekuatan politik pemilih di Pulau Garam. “Pak Said membuktikan bahwa Madura itu merah. Madura bisa jadi kandang banteng di Pileg 2024 ini,” pungkas Adi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 10 Maret 2024 dengan judul Caleg Suara Terbanyak, Bos Banggar Kalahkan Ibas Dan Puan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.