Dark/Light Mode

Caleg Suara Terbanyak

Bos Banggar Kalahkan Ibas Dan Puan

Minggu, 10 Maret 2024 08:10 WIB
Ketua Badan Anggaran DPR MH Said Abdullah.  (Foto: DPR)
Ketua Badan Anggaran DPR MH Said Abdullah. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Badan Anggaran DPR MH Said Abdullah jadi bintang di Pemilu 2024 ini. Perolehan suaranya sebagai Caleg DPR tembus setengah juta lebih. Dengan raihan ini, Said menempati urutan pertama sebagai Caleg DPR dengan suara terbanya di Indonesia, kalahkan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) hingga Puan Maharani.

Hasil itu diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi sementara KPUD Jatim pada Jumat (8/3/2024) malam. Meskipun belum seluruhnya data masuk, namun 8 orang dipastikan lolos sebagai wakil rakyat di Dapil Jatim XI yang meliputi Pulau Madura (Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep).

Adapun delapan Caleg DPR terpilih adalah MH Said Abdullah, Achmad Baidowi, Syafiuddin, Hasani bin Zuber, dan Imron Amin, Eric Hermawan, Slamet Ariyadi, dan Willy Aditya.

Baca juga : Edan, Pilot Dan Co Pilot Batik Air Molor Di Udara

Dari nama-nama tersebut, Said meraih suara terbanyak. Berdasarkan perhitungan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten se-Madura, caleg DPR dari PDIP itu meraih 661.607 suara. Perolehan lebih dari setengah juta suara menjadikan Said sebagai calon DPR peraih suara terbanyak se-Indonesia.

Komisioner KPU Bangkalan Sairil Munir menyampaikan, rekapitulasi di tingkat provinsi berjalan relatif cepat. KPU Bangkalan hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk memaparkan rekapitulasi di Provinsi Jatim.

“Alhamdulillah, aman, lancar, dan kondusif. Rekapitulasi kami relatif cepat dibandingkan Sampang yang hampir dua jam,” ucap Sairil dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2024).

Baca juga : Hidayat Nur Wahid: Sistem Pemilu 1999 Bisa Digunakan Lagi

Ia menambahkan, rekapitulasi mulai dari tingkat TPS hingga kabupaten berjalan sesuai ketentuan. Meskipun sempat diwarnai beberapa dinamika seperti, hitung ulang dan pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa TPS.

Sementara Komisioner KPU Sumenep Rafiqi menyebut rekapitulasi tingkat kabupaten sudah selesai. Selanjutnya, tinggal dilaksanakan pleno penetapan. Oleh karena itu, semua pihak tetap harus menunggu rekapitulasi tingkat nasional dan dipastikan tidak ada PHPU. “Alhamdulillah sudah selesai di tingkat kabupaten. Saat ini kami proses rekap provinsi,” ucapnya.

Apa tanggapan Said jadi bintang di Pemilu 2024? Ketua DPD PDIP Jatim itu berterima kasih kepada seluruh masyarakat Pulau Garam karena mempercayakan dirinya kembali menjadi DPR. Sebab, berkat doa dan dukungan masyarakat, ia bisa kembali mengemban amanah sebagai wakil rakyat dari Dapil Jatim XI.

Baca juga : Syarief Hasan: Kami Ingin PT Tetap 4 Persen

“Itu semua tidak lepas dari kerja keras tim, juga dukungan dari masyarakat Madura dan para tokoh yang tetap konsisten memilih saya,” kata Bos Banggar itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.