Dark/Light Mode

Murni Penelitian, KawalPemilu.org Bantah Penelitiannya Memihak

Rabu, 13 Maret 2024 16:52 WIB
Ilustrasi penghitungan suara di Pilpres 2024. (Foto : ist)
Ilustrasi penghitungan suara di Pilpres 2024. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situs KawalPemilu.org menampik tudingan memihak kepada salah satu paslon setelah mengumumkan kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Lewat akun twitternya (X), Kawal Pemilu, situs yang digagas oleh Ainun Najib seorang praktisi teknologi informasi asal Gresik, Jawa Timur yang berdomisili di Singapura ini mengatakan, apa yang dilakukannya murni penelitian. 

"Dari penelitian ini, kami tidak menemukan indikasi kecurangan paska pencoblosan Pilpres yang terstruktur, sistimatis dan masif sehingga menguntungkan salah satu paslon," tulis kawalpemilu, Rabu (13/3).

Baca juga : Awal Puasa Beda, Tak Usah Diributin

"Sesuai dugaan, kami melihat reply2 negatif, suudzon, berasumsi gila & ga beradab kepada KP dan juga @ainunnajib >  kpemi.lu/x/reply sebagai reaksi atas postingan kami tentang hasil penghitungan dan verifikasi data TPS,” tulis  KawalPemilu lagi.

KawalPemilu juga mengungkapkan banyak donatur mereka pendukung paslon 1 dan 3 dan meminta atau berharap hasilnya sesuai dengan keinginan mereka.

Burhanudin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, turut menanggapi tudingan negatif yang dialamatkan kepada KawalPemilu dan Ainun.

Baca juga : JMI DKI Jakarta: Penyelenggara Pemilu Pejuang Demokrasi

Dalam akun X resminya, @_BurhanMuhatdi, Selasa (12/3), ia menuliskan, “Orang kaya begitu ibarat seorang yg sakit parah pas datang ke dokter minta dibuatin surat keterangan sehat. Merasa udah bayar jadi dokter harus nurut permintaannya meski bertentangan dengan kenyataan ,”.

Sebagai informasi, kawalpemilu telah menyatakan kemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari hasil hitung mereka yang telah mencapai 82,27 persen.

Prabowo-Gibran disebut meraih angka 58,44 persen atau 78,7 juta suara.

Baca juga : Survei Kepercayaan ke Pemilu Setelah Pencoblosan Turun, Tapi Angkanya Masih Tinggi

Sedangkan pesaing terdekat mereka, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih angka 25,05 persen atau 33,7 juta suara.

Urutan terakhir yaitu paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di angka 16,51 persen atau 22,23 juta suara

“Dengan hasil penghitungan suara REAL COUNT KawalPemilu 2024 masih tersisa 17,3% cakupan TPS. Namun, secara data, tidak akan mengubah hasil penghitungan sementara. Oleh karena itu, kami mengucapkan selamat kepada Paslon 02 yang menang satu putaran >50% pada pIlpres 2024,” tulis KawalPemilu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.