Dark/Light Mode

Ini Tanggapan Gibran Soal Permintaan Jatah Menteri Dari Golkar

Senin, 18 Maret 2024 13:01 WIB
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka tidak banyak bicara, saat ditanya soal permintaan lima kursi menteri dari Partai Golkar. Gibran mengatakan, pembahasan soal susunan kabinet pada pemerintahan mendatang, ada waktunya tersendiri.

"Untuk masalah menteri dan lain-lain dibicarakan lagi, didiskusikan lagi. Nanti ada waktunya tersendiri,” kata Gibran di Solo Jawa Tengah, seperti dikutip ANTARA, Senin (18/3/2024).

Gibran menambahkan, keputusan soal menteri atau susunan kabinet akan ditentukan oleh Prabowo Subianto selaku calon presiden. Dan hingga saat ini, belum ada pembicaraan terkait hal tersebut.

Baca juga : Koalisi Prabowo Mulai Hitung Jatah Menteri

“Kalau untuk masalah itu, ya selama ini diskusi dengan saya dan Pak Prabowo, antara kami berdua," katanya.

Sebelumnya, pada 15 Maret 2024, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut peran besar partai yang dipimpinnya dalam memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Data Badan Pemenangan Pemilu Golkar menyebut, sekitar 75 hingga 80 persen kader dan simpatisan partai berlambang pohon beringin memilih pasangan Prabowo-Gibran. Sehingga, paslon 02 itu bisa meraih suara 58 persen dan menang satu putaran.

Baca juga : Seruduk Pemain, Pelatih Lecce Dipecat

"Ini tertinggi sepanjang sejarah. Sejarah yang lalu, hanya didukung 53 persen, sekarang 75 sampai 80 persen. Artinya benar Partai Golkar betul-betul di depan untuk memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Airlangga dalam syukuran keberhasilan Partai Golkar di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (15/3/2024).

Atas peran besar tersebut, Airlangga optimistis, Golkar bisa mendapat porsi lebih besar di kabinet.

"Saya sampaikan ke Pak Prabowo soal kontribusi Golkar, karena kita menang di 15 provinsi. Itu berarti kita kontribusi 25 persen dari kemenangan 58 persen," papar Airlangga.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 14 Maret, Hadir di 2 Lokasi

"Jadi, kalau 25 persen, kalau bagi-bagi, ya banyak-banyak sedikit bolehlah. Kita sebut lima (posisi menteri) itu minimal, tetapi kalau dihitung proporsi 25 persen, room (ruang) masih banyak," tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.