Dark/Light Mode

Hari Ini Diumumkan Jadi Pemenang

Prabowo-Gibran Jaga Perasaan Anies-Ganjar

Rabu, 20 Maret 2024 08:30 WIB
Pasangan Capres dan Cawapres 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: FB Prabowo Subianto)
Pasangan Capres dan Cawapres 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: FB Prabowo Subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika tidak ada aral melintang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan pemenang Pilpres 2024 hari ini. Hingga tadi malam, KPU sudah melakukan rekapitulasi di 36 provinsi dari 38 provinsi. Hasilnya, Prabowo-Gibran menang di 34 provinsi. Meski menang telak, Prabowo-Gibran minta pendukungnya tak merayakan berlebihan.

Seruan itu disampaikan Cawapres 02, Gibran Rakabuming Raka, saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Wali Kota Solo ini berusaha menjaga perasaan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Ya ditunggu aja besok (hari ini) tanggal 20 Maret,” kata Gibran.

Baca juga : Pindah Ke IKN, DPR Ogah-ogahan

Untuk diketahui, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 berlangsung mulai dari 15 Februari hingga 20 Maret 2024. Maksimal, KPU harus mengumumkan pemenang Pilpres pada 20 Maret 2024. “Pendukung tidak perlu euforia berlebihan,” pesan Gibran.

Gibran menyatakan akan tetap berada di Solo saat KPU mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2024. “Besok saya tetap di Solo ya,” ungkapnya.

Menyoal rencana pertemuannya dengan Prabowo, Gibran belum bisa memastikan. Begitu juga dengan acara syukuran kemenangan yang biasa dilakukan sang juara. “Ya nanti (bertemu Prabowo). Belum ada (syukuran),” imbuh putra sulung Presiden Jokowi itu.

Baca juga : Ditegaskan Menkominfo, Kaesang Dan Istri Tak Ikut Pilkada

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Herman Khaeron mengatakan, pihaknya siap mengikuti arahan Gibran agar tidak merayakan kemenangan secara berlebihan.

“Tentu rasa syukur atas kemenangan pasangan 02 tidak perlu berlebihan. Justru lebih penting bagi kami adalah berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberi kepercayaan kepada pasangan Prabowo-Gibran, sehingga menang satu putaran,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Sementara, Juru bicara Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Indra Charismiadji mengatakan, pihaknya akan menggugat hasil KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan memperjuangkan hak angket di DPR.

Baca juga : Dubes Tavares Berharap RI-Moskow Makin Mesra

“Kalau kami di 01 akan menunggu pengumuman resmi dari KPU baru akan melangkah sesuai dengan apa yang dipersiapkan tim hukum, sekaligus partai pengusung di DPR,” jelas Indra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.