Dark/Light Mode

PDIP Hattrick Juara Pileg, Puan Bisa Ketua DPR Lagi

Jumat, 22 Maret 2024 08:40 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mimpi PDIP untuk hattrick atau menang Pileg tiga kali berturut-turut akhirnya terwujud. Di Pileg 2024, partai berlogo kepala banteng ini menjadi juara 1 dengan meraih 25.387.279 suara nasional atau sekitar 16,73 persen. Dengan perolehan ini, Puan Maharani bisa menjadi Ketua DPR lagi.

Di bawah PDIP, Partai Golkar membuntuti dengan perolehan 23.208.654 suara. Partai besutan Airlangga Hartarto berhasil mendapat 15,29 persen suara sah nasional. Sedangkan posisi ketiga diisi oleh Partai Gerindra yang meraih 20.071.708 suara atau setara 13,2 persen suara sah.

Puan Maharani bersyukur dengan perolehan suara ini. Sebab, kepercayaan rakyat terhadap PDIP tidak luntur sejak Pemilu 2014, 2019, sampai 2024. Hal ini disampaikan melalui unggahan video di Instagram pribadinya, @puanmaharaniri.

Baca juga : Jokowi: Saya Jadi Ketua Indonesia Saja

“Terima kasih atas perjuangan dan kesetiaan seluruh kader, syukur alhamdulillah atas kepercayaan masyarakat. Kemenangan ini adalah kemenangan wong cilik. Rakyat Juara,” tulisnya.

Dengan perolehan suara ini, PDIP berpeluang besar meraih kursi mayoritas di DPR. Berdasarkan prediksi beberapa lembaga, PDIP diperkirakan mendapatkan 107-109 kursi. Disusul Golkar dengan 96-102 kursi dan Gerindra 90 kursi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), parpol pemenang Pileg berhak mendapat kursi Ketua DPR. Sedangkan parpol dengan perolehan suara nomor 2 sampai nomor 5 berhak atas kursi Wakil Ketua DPR.

Baca juga : Prabowo Banjir Ucapan Selamat

Apakah PDIP akan kembali mengajukan Puan sebagai Ketua DPR? Politisi PDIP Hendrawan Supratikno menerangkan, sejauh ini belum ada pembicaraan di partainya tentang kursi Ketua DPR. Sebab, pihaknya masih menunggu penetapan jumlah kursi definitif di DPR yang akan dilakukan KPU setelah sengketa hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai.

Meski begitu, Hendrawan menilai, Puan, yang merupakan putri bungsu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, menjadi sosok terkuat untuk diusung kembali sebagai Ketua DPR.

"Selain jam terbangnya semakin tinggi, beliau telah terbukti menjadi jembatan komunikasi yang baik dari para pemangku kepentingan politik," ucapnya, kepada Rakyat Merdeka, Kamis malam (21/3/2024).

Baca juga : PDIP Merasa Dekat Dengan Gerindra

Tak lupa Hendrawan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih kader PDIP sebagai wakilnya di Senayan. “Ini mendorong tanggung jawab kami untuk berbuat lebih baik lagi,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.