Dark/Light Mode

Dapil Jatim X: Gus Falah Raih Suara Terbanyak, PDI Perjuangan Tambah Kursi

Jumat, 22 Maret 2024 18:02 WIB
Gus Falah
Gus Falah

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) X. Dapil ini meliputi Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan.

Ada enam kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang diperebutkan 98 Caleg di dapil ini.

Menurut hasil rekapitulasi suara KPU, di dapil Jatim X, perolehan suara terbesar diperoleh oleh PDI Perjuangan yang meraih 345.576 coblosan.

Ketika dihitung menggunakan metode konversi Sainte Lague yang diterapkan untuk Pileg di Indonesia, maka PDI Perjuangan berhak atas 2 kursi DPR RI di dapil ini.

Perolehan kursi PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 ini meningkat dibandingkan Pemilu 2019.

Baca juga : Raih Suara Terbanyak, Banteng Cetak Hattrick Di Pileg 2024

Lima tahun lalu, partai banteng hanya mendapat satu kursi di dapil Jatim X.

Tingginya suara PDI Perjuangan ini dipengaruhi oleh perolehan suara Nasyirul Falah Amru.

Anggota Komisi VII DPR-RI itu meraih 167.514 suara. Sementara, kursi kedua PDI-Perjuangan ditempati oleh pendatang baru, Nila Yani Hardiyanti.

Adik dari Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani itu memperoleh 95.681 suara.

Gus Falah, sapaan akrab Nasyirul Falah Amru, pun menjadi caleg yang meraih suara terbesar di Dapil Jatim X.

Baca juga : PDI Perjuangan Tetap Konsisten

Gus Falah mengungkapkan, keberhasilannya merupakan ‘buah’ dari perjuangan berbagai pihak.

“Kemenangan ini merupakan ‘buah’ dari sinergi masyarakat luas, relawan Srikandi Lamongan, para Comando, relawan Bengawan Jero, relawan RGS Gresik, relawan Sehati, relawan Pantura, pasukan Gorong-Gorong, pasukan 'Burung Hantu', alim ulama, para tokoh serta warga NU se-Kabupaten Gresik dan Lamongan. Saya berterima kasih pada mereka semua, " ujar Gus Falah, Jumat (22/3/2024).

"Saya haturkan juga terima kasih kepada struktural partai terutama PAC, Ranting, serta Anak Ranting PDI Perjuangan se Kabupaten Gresik dan Lamongan, yang telah membantu kerja-kerja saya dalam melayani masyarakat selama ini,” tambahnya.

Kemenangan ini membawa Gus Falah lolos ke DPR-RI untuk periode ketiga.

Sebelumnya, Gus Falah sudah menyandang amanat sebagai Wakil Rakyat di DPR-RI pada periode 2014-2019 serta 2019-2024.

Baca juga : Berobat Ke RS, Pengusaha Hanan Supangkat Tak Penuhi Panggilan KPK

Perolehan suara Gus Falah ini juga menunjukkan, putra dari ulama NU, KH Amru Al Mu’tasyim itu memperoleh suara terbesar kedua diantara para Caleg PDI Perjuangan yang memperebutkan kursi DPR-RI di Provinsi Jawa Timur.

Caleg Banteng yang meraih suara terbesar pertama di Jatim untuk kursi DPR-RI adalah Said Abdullah yang meraih 528.815 suara di Dapil Jatim XI.

“Saya akan jalankan amanat dari rakyat di Dapil Jatim X ini dengan sebaik-baiknya lima tahun kedepan, sebagaimana yang sudah saya lakukan sepuluh tahun terakhir,” ujar Gus Falah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.