Dark/Light Mode

Gobel Sukses Cetak Rekor Suara Tertinggi Caleg DPR Dan Suara Partai Di Gorontalo

Selasa, 26 Maret 2024 13:59 WIB
Rachmat Gobel. Foto: Instagram/rachmatgobel_rg
Rachmat Gobel. Foto: Instagram/rachmatgobel_rg

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon legislatif (caleg) DPR dari Partai NasDem Rachmat Gobel berhasil mengukir 3 prestasi di Pemilu 2024. Salah satunya, sukses membukukan suara tertinggi se-Indonesia, jika dihitung secara proporsional berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Staf khusus Gobel, Nasihin Masha mengatakan pencapaian tersebut merupakan prestasi tersendiri. Ia mencatat, secara proporsional politisi NasDem yang maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) Gorontalo itu berhasil meraup 22 persen suara dari total jumlah DPT yakni 881.206 orang.

Selain itu, jumlah suara perorangan yang ditoreh Gobel tahun ini juga meningkat signifikan dibandingkan Pemilu 2019 lalu. Dari 146.067 suara pada pemilu 2019, naik menjadi 195.322 suara di pemilu 2024.

“Memang dari sisi jumlah kursi untuk DPR RI dari Gorontalo tak ada penambahan, namun dari sisi suara terjadi kenaikan, yaitu 49.255 suara," kata Nasihin Masha di kompleks DPR, Senin (25/3).

Jika dibandingkan dengan Caleg PDIP Dapil Jawa Timur XI Said Abdullah yang berhasil menoreh suara terbesar se-Indonesia saat ini, yaitu 529.792 suara, politisi asal Sumenep tersebut hanya mampu membukukan 16,8 persen suara dari total DPT 3.129.230 orang.

Baca juga : Gobel Cetak Prestasi Di Pemilu 2024, Terbaik Secara Proporsional

Tak cuma suara perorangan Gobel, suara caleg DPR dan partai NasDem di Gorontalo secara keseluruhan yang mencapai 227.533 suara juga naik signifikan hingga 33-34 persen dibanding pemilu sebelumnya.

Dengan perolehan suara sebanyak itu, NasDem berhasil mencatatkan rekor peraih suara partai terbesar dalam sejarah Pemilu di Gorontalo. “Ini juga untuk kali pertama Partai Nasdem menang di Gorontalo,” terang jurnalis senior ini. 

Menurutnya, butuh upaya yang sangat keras untuk menambah jumlah kursi NasDem di Dapil ini. Karena di Gorontalo hanya memperebutkan tiga kursi DPR.

Tak cuma berhasil membukukan rekor perolehan suara caleg DPR terbanyak, Gobel juga berhasil mencatatkan 2 prestasi lainnya di pemilu 2024.

Hal kedua, katanya, Rachmat Gobel yang kini menjabat sebagai ketua DPW Partai Nasdem Gorontalo, berhasil membangun sistem dan partai. “Jadi bukan untuk kemajuan dirinya sendiri. Gobel berhasil membangun sistem dan membangun partai,” katanya.

Baca juga : Kunci Sukses Belajar Online: Perlu Kemampuan Literasi dan Etika Digital

Hal ini dibuktikan dari perolehan kursi DPRD Provinsi dan kursi DPRD Kabupaten/Kota se Gorontalo. Partai Nasdem, sebutnya berhasil meraih tujuh kursi DPRD Provinsi dari sebelumnya enam kursi. Itu artinya, NasDem berhasil menang di semua dapil, bahkan ada yang dua kursi dalam satu dapil. Sehingga NasDem kali ini berhak mendapatkan kursi wakil ketua DPRD Provinsi. 

Sedangkan untuk DPRD kabupaten/kota, Partai Nasdem berhasil meraih 30 kursi di enam kabupaten/kota, dari sebelumnya 17 kursi pada pemilu 2019, atau hampir dua kali lipatnya. 

“Dari enam kabupaten/kota itu, dua di antaranya Nasdem menang, yaitu di Gorontalo Utara dan di Bone Bolango, sehingga berhasil menjadi ketua DPRD. Di empat kabupaten/kota lainnya meraih kursi signifikan sehingga bisa duduk sebagai wakil ketua DPRD. Dengan semua ini, Partai Nasdem kuat secara merata di semua tingkatan,” kata Nasihin.

Adapun prestasi ketiga, kata Nasihin, Gobel berhasil membangun partai tanpa melalui politik uang. “Mungkin sangat jarang terjadi suatu kemenangan tanpa ada faktor serangan fajar, tanpa money politics,” katanya. 

Gobel, katanya, sejak terpilih menjadi anggota DPR pada 2019 selalu berkeliling ke seluruh pelosok Gorontalo. “Ia melihat langsung kesulitan masyarakat yang didera kemiskinan, lalu membawa program, menawarkan solusi. Sudah lebih dari 600 titik yang dikunjungi. Gobel tipikal politisi yang langka, bukan model cash and carry. Beli suara, lalu datang hanya sekali-kali. Gobel tiap bulan keliling Gorontalo,” katanya. Ia juga berhasil membangun struktur partai hingga tingkat DPRT.

Baca juga : Gus Falah Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim X

Hal ini, kata Nasihin, sesuai dengan tagline Rachmat Gobel yang mengusung politik pembangunan dan politik kesejahteraan. Melalui Visi 2051, katanya, Gobel bercita-cita memajukan Gorontalo dan menyejahterakan masyarakat Gorontalo. 

“Bukan sekadar berhasil keluar dari provinsi termiskin kelima di Indonesia tapi juga membangun peradaban baru Gorontalo. Mulai dari membangun pertanian, kelautan, UMKM, dan pariwisata hingga ke masalah pendidikan, kesehatan, dan budaya baru,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.