Dark/Light Mode

Megawati Kirim Surat Ke MK, Ajukan Diri Sebagai Amicus Curiae

Selasa, 16 April 2024 19:11 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (16/4/2024). (Foto: Humas MK)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (16/4/2024). (Foto: Humas MK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mengajukan diri menjadi Sahabat Pengadilan atau Amicus Curiae Mahkamah Konstitusi (MK). Sebagai Sahabat Pengadilan, Ketum PDIP ini ikut menyampaikan pemikiran atau pendapatnya atas perkara sengketa hasil Pilpres di MK. 

Surat permohonan Mega itu diserahkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ke gedung MK, Jakarta, Selasa (16/4/2024). Hasto didampingi Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Todung Mulya Lubis, kuasa hukum Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga : Layani Arus Balik Dari Sumatera Ke Jawa, ASDP Siapkan 66 Kapal

“Kedatangan saya untuk menyerahkan pendapat Sahabat Pengadilan dari seorang warga negara Indonesia, yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga Ibu Mega dalam kapasitas sebagai warga negara Indonesia mengajukan diri sebagai Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan,” ujar Hasto.

Dalam akhir dokumen Amicus Curiae itu, terdapat tulisan tangan Megawati. Menurut Hasto, tulisan tangan Megawati sebagai ungkapan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang tidak pernah sia-sia karena emansipasi merupakan bagian dari demokrasi dalam melawan penyalahgunaan kekuasaan.

Baca juga : Megawati Gelar Open House Terbatas, 4 Menteri Jokowi Hadir

“Rakyat Indonesia yang tercinta, marilah kita berdoa semoga ketuk palu Mahkamah Konstitusi bukan merupakan palu godam, melainkan palu emas. Seperti kata Ibu Kartini pada tahun 1911, Habis gelap terbitlah terang. Sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu timbul kembali dan akan diingat terus-menerus oleh generasi bangsa Indonesia. Aamiin ya rabbal alamin, hormat saya Megawati Soekarnoputri, ditandatangani, merdeka, merdeka, merdeka,” ucap Hasto membacakan tulisan Megawati tersebut.

Mereka diterima langsung Ketua Bidang Kehumasan, Publikasi, dan Internasionalisasi Gugus Tugas PHPU 2024 Immanuel Bungkulan Binsar Hutasoit serta Kepala Subbagian Protokol MK Gunawan di Gedung 2 MK, Jakarta Pusat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.