Dark/Light Mode

Bukan Kader Murni Demokrat Sulut

Bupati Talaud Diprediksi Sulit Jadi Calon Gubernur

Rabu, 17 Nopember 2021 07:20 WIB
Bupati Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) Elly Lasut. (Foto: Istimewa)
Bupati Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) Elly Lasut. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) Elly Lasut diprediksi sulit maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Pasalnya, dia bukan kader murni Partai Demokrat.

Analisa ini disampaikan pengamat politik Sulut, Ferry Liando, kemarin. Bupati Talaud Elly Lasut telah resmi menjadi Ketua Partai Demokrat Sulut. Meski sudah mendapat jabatan itu, menurut Ferry, Bupati Talaud itu masih sangat berat untuk menjadi calon Gubernur Sulut 2024.

Berita Terkait : Andika Diproyeksikan Jadi Gubernur Banten

Ayah dari anggota DPR dari Partai NasDem Dapil Sulut Hillarry Lasut ini, dinilai tak gampang bisa jadi calon gubernur. Pasalnya, kader-kader lama Demokrat akan mempertanyakan. “Tidak gampang bagi Elly untuk meyakinkan kader, karena Elly bukan kader murni Demokrat,” jelas Ferry.

Tapi, dia menyebutkan, Elly tetap bisa-bisa saja maju, jika dua hal dapat dilakukannya dan dilihat publik. Pertama, Elly perlu melakukan konsolidasi internal. Hal ini, lanjut Ferry untuk meyakinkan para kader tentang motivasi Elly mengambil alih Demokrat sebagai perahunya untuk berlayar di Pilkada 2024.

Berita Terkait : Bupati Zaki Didorong Nyalon Gubernur DKI

Jika ini tidak dilakukan, maka akan merugikan Elly. “Bisa saja ada kader Demokrat yang ikut membesarkan partai tapi tidak diberi kesempatan,” tegasnya.

Saat ini, papar Ferry, Elly belum memiliki kontribusi dibanding kader lain, sehingga ini akan menyulitkan dia untuk melakukan penetrasi politik di tubuh internal Demokrat.
 Selanjutnya