Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Halangan Maju Pilpres

Kang Emil Disarankan Nyalon Gubernur Saja

Senin, 13 Desember 2021 06:50 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diprediksi banyak halang rintang dihadapi Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil jika maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- disarankan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar saja.

Saran itu disampaikan Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute, Karyono Wibowo, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka. Sebelumnya, Kang Emil punya keinginan untuk masuk ke partai politik. Hal ini untuk memudahkan dirinya dicalonkan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga : Audiensi Dengan Wapres Ma'ruf Amin, PKP Sampaikan Komitmen Kawal Pemerintahan

Menurut Karyono, untuk masuk partai politik akan banyak halang rintangnya. Pasalnya, setiap parpol besar pasti sudah punya stok tokoh yang sudah siap dan lebih matang untuk dijagokan maju Pilpres.

“Golkar ada Pak Airlangga Hartarto. Demokrat ada Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), Gerindra ada Prabowo, dan sebagainya,” paparnya.

Baca juga : Jaksa Apresiasi Bantuan Alsintan Gairahkan Petani Di Sukoharjo

Selain faktor tokoh partai, lanjut Karyono, nasib politik Emil juga akan terombang-ambing bila memutuskan masuk partai politik yang jumlah kursinya tidak memenuhi Presidential Threshold (PT) dengan harapan diusung sebagai capres.

“Partai dengan jumlah kursi kurang mau tidak mau harus mencari rekan koalisi. Jelas itu akan memakan waktu panjang dan belum tentu bakal ada aggrement politik untuk Pilpres,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.