Dark/Light Mode

Tidak Jadi Caleg

Wabup Wonogiri Siap Maju Pilkada

Selasa, 15 Februari 2022 07:57 WIB
Wakil Bupati Wonogiri, Jawa Tenggah (Jateng) Setyo Sukarno. (Foto : Istimewa)
Wakil Bupati Wonogiri, Jawa Tenggah (Jateng) Setyo Sukarno. (Foto : Istimewa)

 Sebelumnya 
Konsolidasi itu, lanjut Setyo, juga sebagai penegasan bahwa DPC PDIP Wonogiri siap mewujudkan cita-cita partai yang jadi keputusan Kongres V PDIP di Bali 2019 lalu.

Keputusan itu adalah memenangi semua agenda pemilihan 2024 dengan bertumpu pada tiga pilar. Yakni, struktural partai, anggota DPRD kabupaten/ kota dan DPR, dan kader di eksekutif baik bupati, wali kota dan gubernur, dan Presiden.

“Dalam konsolidasi itu kami membicarakan strategi pemenangan, pengenalan wilayah tempur, peta politik, evaluasi hasil pemilihan sebelumnya, dan sebagainya,” ungkapnya.

Baca juga : Gerindra Utamakan Kader Internal Maju Pilkada Jateng 2024

Disinggung mengenai persiapan menghadapi Pilkada Wonogiri, Setyo mengaku, partainya sudah mulai menyiapkan strategi. Namun, partainya belum memunculkan nama tokoh yang berpotensi akan meramaikan bursa calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup).

Dia menyebut, nama tokoh yang berpotensi bakal diusung PDIP akan muncul jika sudah waktunya.

“Belum muncul. Dalam konsolidasi lalu juga belum muncul. Pilkada masih 2024. Masih ada waktu menyiapkan segala sesuatunya,” kata mantan Ketua DPRD Wonogiri itu.

Baca juga : Jelang Lawan PSS Sleman, Igbonefo Siap Cetak Gol

Ditanya akankah dirinya kembali dicalonkan lagi, Setyo menyatakan dirinya tidak akan nyaleg lagi. Tetapi akan tetap berkontribusi di partai.

Dia merasa menjadi legislator selama lima periode sudah cukup. Setyo mengaku akan mewariskan perjuangannya di jalur parlemen kepada generasinya di Daerah Pemilihan (Dapil) V.

Ditanya apakah hal itu pertanda akan fokus menyiapkan diri untuk memperoleh rekomendasi DPP PDIP menjadi calon Bupati (Cabup) Wonogiri, Setyo tak menjawabnya.

Baca juga : Gerindra Siap Dukung Calon Di Pilgub Jabar

Sebagai informasi, PDIP merupakan partai terbesar di Wonogiri. PDIP memiliki kursi perlemen terbanyak dengan 28 kursi dari total 50 kursi. Atas capaian itu, PDIP dapat mengusung cabupcawabup secara mandiri pada Pilkada Wonogiri 2020. Yakni Pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno (Josss). [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.