Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bidik 9 Kursi Di DPRD Ketapang

NasDem Usung Ketua DPD Sebagai Cakada

Sabtu, 20 Agustus 2022 07:45 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Ketapang, Junaidi (kiri). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Ketapang, Junaidi (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat telah membuka perekrutan bakal calon anggota legislatif (bacaleg), dan menargetkan sembilan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kabupaten Ketapang.

Ketua Biro Badan Pemenangan Pemilu Partai NasDem Kabupaten Ketapang, Muhaiyan Sidik menyampaikan, proses perekrutan bacaleg untuk DPRD Kabupaten Ketapang dibuka pada Kamis (18/8), dan akan ditutup pada Desember 2022. Para calon yang terpilih, nantinya akan diberikan surat tugas untuk memetakan Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing, dan diverifikasi sebagai calon tetap.

“Selain terbuka untuk kader, proses rekrutmen bacaleg juga terbuka untuk umum. Kami membuka peluang bagi anak bangsa untuk mendaftar menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai NasDem, tapi ketika sudah mendaftar mereka wajib menjadi kader partai,” ujar Muhaiyan di Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar), kemarin.

Baca juga : Golkar Usung Ketua DPD Buat Jadi Calon Bupati

Lebih lanjut, ia mengatakan, aksi tancap gas menyambut Pileg 2024, dilakukan partainya sebagai bentuk kesiapan. Ia berharap, proses rekrutmen yang dilakukan secara dini, akan mendapatkan caleg-calegberkualitas yang sanggup mendongkrak perolehan kursi partai.

Soal target, lanjut Muhaiayan, Partai NasDem Kabupaten ketapang membidik sembilan kursi DPRD. “Sebelumnya, di Dapil dua dan tiga kan belum ada keterwakilan. Tapi, pada Pileg 2024 kami targetkan masing-masing satu kursi. Sementara, di dapil-dapil yang sudah ada, kami targetkan meraih dua buah kursi,” jelasnya.

Muhaiayan menambahkan, target sembilan kursi yang dipatok pihaknya didasarkan pada sejumlah alasan. Di antaranya, ungkap dia, target tersebut dibidik agar mereka bisa ikut berkontestasi dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti.

Baca juga : Usung Ketua DPD Di Pilkada

Pada Pilkada 2024, lanjut dia, pihaknya akan mengusung Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Ketapang, Junaidi sebagai calon kepala daerah (cakada).

“NasDem wajib menjadi partai pengusung. Jika target sembilan kursi tercapai maka bisa mengusung calon sendiri,” pungkasnya.

Tepisah, Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Ketapang, Syaidianur, mengatakan, di hari pertama pembukaan pendaftaran bacaleg Kamis (18/8), sudah ada beberapa orang yang menyampaikan berkas pendaftaran. Menurutnya, berkas yang disampaikan itu, tidak hanya ditujukan untuk DPRD Kabupaten Ketapang, tapi DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Baca juga : Gunung Sakurajima Di Kyushu Jepang Meletus, PLTN Sendai Aman

“Untuk bacaleg DPRD Provinsi Kalbar, daerah pemilihan Kalimantan Barat terdapat empat nama yang sudah mendaftar. Sementara bacaleg DPRD Ketapang, sudah ada 14 nama yang mendaftar,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, figur yang mendaftar untuk bacaleg DPRD Kalbar, yakni Blasius Hendi Candra, Suriansyah, Sufanda, dan Uti Rushan. Sedangkan, figur yang mendaftar untuk bacaleg DPRD Ketapang, di antaranya dapil I yaitu Rina Mutia, Jairina, Morhani, Syaparuddin, Sunardi, Muhammad Heffy. Untuk dapil II yaitu Markus Margono. Dapil III yaitu Uti Muliadi dan Devita Satriana. Dapil IV yaitu Herwanto. Dapil V Sumarlin. Dapil VI Wasti, M Arsyad, dan Fairus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.