Dewan Pers

Dark/Light Mode

Masih Digodok, Tapi Bisa Saja...

Menteri Amali Masuk Bursa Cagub Gorontalo

Jumat, 16 September 2022 03:08 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Foto: Dok. Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Foto: Dok. Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, berpotensi meramaikan bursa Calon Gubernur (Cagub) Gorontalo dari Partai Golkar pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pasalnya, berdasarkan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu, Golkar menjadi satu-satunya partai yang bisa memenuhi syarat pencalonan di Pilkada.

Fungsional Partai Golkar Provinsi gorontalo, Thomas Mopili menyatakan, pihaknya telah menyiapkan lima figur Cagub Gorontalo untuk menghadapi kontestasi Pilkada Provinsi Gorontalo 2024.

Karenanya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai golkar Provinsi Gorontalo akan bekerja keras untuk mempertahankan, bahkan menambah perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu legislatif (Pileg) 2024 nanti.

Berita Terkait : Belanja Minim Tapi Prestrasi Menterang, Don Carlo Happy Bersama El Real

“Mengacu dari kekuatan Pemilu 2019, Golkar merupakan satu-satunya partai politik yang dapat mengusung pasangan cagub-cawagub di Gorontalo.

Kami punya 10 kursi parlemen, di atas syarat ambang batas 20 persen atau 9 kursi parlemen.

Tapi, kami perlu bekerja keras, minimal mempertahankan perolehan kursi pada Pileg 2024, ke mudian menuju Pilkada 2024,” ujar Thomas, kemarin.

Berita Terkait : Mabes Polri Bantah Periksa Kapolda Metro Jaya Dalam Kasus Brigadir J

Lebih lanjut, ia menguraikan, kelima tokoh atau figur yang saat ini digodok Partai Golkar untuk menghadapi Pilkada Provinsi Gorontalo 2024, ialah Idah Syahidah (anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Golkar), Wali Kota Gorontalo Marten Taha, mantan Bupati Pohuwato Syarief Mbuinga, mantan Wakil Gubernur Gorontalo Toni Uloli, serta Duta Besar Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina Roem Kono.

Soal Menpora Zainudin Amali, sambung dia, nama tersebut tidak muncul dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakerda) DPD Partai Golkar Provinsi Gorontalo.

Namun, ungkap dia, pihaknya tak menutup kemungkinan tentang majunya Amali di Pilkada Provinsi Gorontalo 2024, jika hasil survei elektabilitas terhadap mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar itu cukup tinggi.

Berita Terkait : Nasib Merana, Tak Bisa Cabut Dari MU

“Kalau kita bicara popularitas, siapa yang tidak mengenal ZA (Zainudin Amali). Pada Pileg lalu beliau memperoleh 300 ribu suara, dan rekornya belum terpecahkan. Karenanya, beliau memiliki peluang besar untuk maju di Pilkada 2024 nanti,” jelas dia.

Selain memiliki poputaritas dan elektabilitas yang mempuni, lanjut dia, Menpora Zainudin Amali juga berpotensi mendapat diskresi dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

“Soal mengerucut ke siapa rekomendasi tersebut, Partai Golkar masih menunggu hasil survei elektabilitas dari beberapa kader yang sudah disiapkan,” tandasnya.
 Selanjutnya