Dark/Light Mode

Masih Digodok, Tapi Bisa Saja...

Menteri Amali Masuk Bursa Cagub Gorontalo

Jumat, 16 September 2022 03:08 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Foto: Dok. Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Foto: Dok. Kemenpora)

 Sebelumnya 
Terpisah, pengamat sosial politik Gorontalo, Funco Tanipu menilai, Menpora Zainudin Amali merupakan figur yang mengantongi poin paling tinggi, di antara keenam nama cagub yang diwacanakan Partai Golkar.

Menurut dia, munculnya nama Zainudin Amali beberapa hari belakangan ini, sukses menarik perhatian masyarakat dan meramaikan bursa Pilkada 2024 nanti.

“Munculnya nama Zainudin Amali, tidak melalui pengusulan di Rakerda Partai Golkar Provinsi Gorontalo beberapa waktu lalu. Jadi, Masuknya nama ZA ini sangat menarik. Bagai manapun, dia punya track record pengabdian yang panjang di Gorontalo,” jelas Funco.

Baca juga : Belanja Minim Tapi Prestrasi Menterang, Don Carlo Happy Bersama El Real

Dia pun menguraikan beberapa keunggulan yang dimiliki Zainudin Amali. Pertama, kata dia, Amali pernah menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Gorontalo tahun 2004 2009.

Kedua, lanjut dia, Amali juga mempunyai pengetahuan dan penguasaan yang detail tentang Gorontalo, baik secara sosial budaya maupun pergera kan politik di Gorontalo. “Di antara semua calon, setahu saya, pak ZA juga sangat fasih berbahasa Gorontalo.

Itu menjadi salah satu point penting sebagai pertimbangan pengajuan ZA sebagai cagub dari Golkar,” bebernya.

Baca juga : Mabes Polri Bantah Periksa Kapolda Metro Jaya Dalam Kasus Brigadir J

Ketiga, sambung dia, Amali juga mempunyai kemampuan dan keahlian di level asia Tenggara. sebab, Politisi Partai Golkar yang kini menjabat sebagai Menpora itu mampu membawa Timnas Indonesia naik peringkat ketiga di Asia Teng gara sesuai target dari Presiden Jokowi.

Keempat, lanjut dia, Amali mempunyai jejaring yang sangat strategis di level pusat. Ia telah melewati beberapa fase, seperti menduduki jabatan menteri, Ketua Komisi II DPR, serta pernah menjabat Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur.

Bahkan, pernah melewati perhelatan politik pemilihan anggota DPR dari dua ‘dapil neraka’ di Jatim.

Baca juga : Nasib Merana, Tak Bisa Cabut Dari MU

“Itu adalah kemampuan dan keahlian pak ZA yang harus diakui melampaui ataupun lebih dari calon gubernur dari golkar lainnya. Jadi kalau kita mau melihat secara rata-rata, dibanding calon lain. Secara faktual, pak ZA lebih diatas rata-rata,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.