Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Pilkada DKI Jakarta

PAN Dan NasDem Belum Punya Calon

Minggu, 13 November 2022 07:45 WIB
Ketua DPW PAN Provinsi DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. (Foto: Instagram)
Ketua DPW PAN Provinsi DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi DKI Jakarta belum mempunyai sosok atau kandidat yang akan diusung pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Pasalnya, kedua partai terse­but masih fokus menghadapi gelaran Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio mengatakan, pihaknya belum mempunyai sosok yang akan diusung sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta di Pilkada 2024 nanti. Sebab, DPW PAN Provinsi DKI masih fokus pada gelaran Pileg dan Pilpres mendatang.

Berita Terkait : APJII DKI Jakarta Konsep Diskusi Keamanan Siber NCC Berikutnya

“Untuk Pilkada DKI Jakarta 2024, kami sih belum ada calon,” ujar Eko saat dihubungi wartawan di Jakarta, kemarin.

Diketahui, PANmemang sibuk di level nasional, memper­siapkan Pilpres 2024.

Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan ini sudah bergabung da­lam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berasama Partai Golkar dan PPP. Namun, PAN maupun KIB hingga kini belum mende­klarasikan tokoh yang akan diusung sebagai Calon Presiden (Capres) di Pilpres mendatang.

Berita Terkait : Piala Dunia Qatar, Saka Terancam Tak Bela Inggris

Terpisah, anggota Fraksi Partai NasDem di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh mengatakan, pihaknya belum membahas soal Pilkada DKI Jakarta 2024. Menurut dia, Partai NasDem di DKI masih fokus soal Pileg dan Pilpres 2024.

“Belum (bahas Pilkada DKI 2024). Saat ini, kami sedang konsentrasi ke proses pencalo­nan anggota legislatif (caleg), untuk Pileg 2024,” ujar Nova.

Diketahui, pada Pileg 2019 la­lu, Partai NasDem memperoleh tujuh kursi di DPRD DKI Jakarta. Di sisi lain, Partai NasDem juga telah mendeklarasikan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai bakal Capres pada Pilpres 2024 nanti.

Berita Terkait : Komunitas Truk DKI Jakarta Mantap Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengata­kan partainya memiliki banyak kesepahaman dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, mereka belum menemui tanggal yang pas untuk mendeklarasikan koalisi.

Menurut dia, pihaknya terus melakukan komunikasi politik dengan Demokrat dan NasDem. Bahkan, ia mengklaim, ketiga parpol makin punya pemikiran yang sama dalam banyak hal.

“Komunikasi antara NasDem, PKS, Demokrat terus di­lakukan. Komunikasi tersebut mempertemukan banyak hal, dan banyak pemahaman. Itu sedang dilakukan dan semakin hari itu kesamaan antar ketiga partai semakin banyak,” jelas Ali. ■