Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Pilkada DKI Jakarta

Bamsoet Siap Dukung Gibran

Jumat, 18 November 2022 07:45 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo saat ber­temu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (17/11/2022). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo saat ber­temu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (17/11/2022). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo menegaskan kesiapannya mendukung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bila maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Menurutnya, ketegasan dan kebijakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memimpin Kota Solo, merupakan modal utama bertarung di Pilkada mendatang.

“Pasti setuju kalau Golkar mendukung Mas Gibran. Sebab, beliau termasuk wali kota yangpaling populer saat ini di Indonesia. Saya berharap di DKI, beliau,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, setelah ber­temu Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Solo, Jawa Tengah (Jateng), kemarin.

Selama memimpin Kota Solo, sambung dia, Gibran mampu menunjukan performance terbai­knya bagi masyarakat. Karakter sebagai seorang pemimpin juga mulai terbentuk sejak insiden peneguran kepada seorang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Berita Terkait : Gibran Jadi Ketua Dewan Pembina IMI Jawa Tengah, Bamsoet Sambut Hangat

“Melihat ada video yang terakhir kemarin itu (melepas paksa masker seorang anggota Paspampres yang memukul sopir truk), menunjukkan beliau punya karakter punya ketegasan dan pro rakyat. Itu kan dia me­nyuarakan bagaimana dia ber­pihak pada masyarakat,” jelas Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini.

Disinggung soal Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Solo sudah lebih dulu mengusulkan agar Gibran didong maju di Pilkada Provinsi Jateng, Bamsoet mengatakan, dirinya tak mempersoalkan ten­tang wacana tersebut.

“Kami akan sampaikan kepa­da yang lain. Pasti kalau Golkar nggak ada komentar apa-apa be­rarti, apa yang saya arahkan oleh Solo sudah diaaminkan. Selamat Mas Gibran,” katanya.

Bamsoet menambahkan, visi kepemimpinan Gibran saat ini sudah semakin matang dan perlu dipertahankan. “Top berkarak­ter, ya memiliki visi ke depan dan menurut saya beliau punya kemampuan yang sangat baik. (Evaluasi) nggak perlu dah tingkatan atas, semua tinggal menjaga ritme saja,” tegasnya.

Berita Terkait : DKI Akan Kucurkan Subsidi Dukung Program Air Bersih

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Said Abdullah menegaskan, saat ini partainya be­lum menentukan nama untuk diusung di Pilkada DKI Jakarta. Namun, dia memastikan, par­tainya mempunyai banyak stok kader potensial untuk diusung pada kontestasi tersebut.

“Kami sedang mempersiapkan, sedang dimatangkan. Dipersiapkan sedemikian sudah, rapat DPP sudah, kami tinggal perlu waktu untuk sampai ke­pada siapa yang paling pas jadi calon di DKI,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai, pelu­ang Gibran lebih terbuka untuk Pilkada Provinsi Jateng. Menurut dia, jika Gibran masuk dalam gelanggang Pilkada DKI Jakarta, energi Jokowi akan terkuras.

“Gibran itu saya yakin bukan untuk DKI, tapi untuk Jawa Tengah. Jawa Tengah itu kan banyak proyek strategis nasional di Batang itu misalnya. Itu harus dipastikan tetap berjalan di masa akan datang,” kata Ujang.

Berita Terkait : BPAGK Kukar Ajak Rakyat Kaltim Dukung IKN

Menurut dia, peluang Gibran menangi Pilkada Provinsi Jateng juga terbuka lebar. “Karenanya, lebih realistis bila Gibran di­siapkan untuk menggantikan Ganjar Pranowo di Jateng,” tandasnya. ■