Dark/Light Mode

Telah Teruji Pimpin Banten

Si Doel Berpeluang IkutPilkada Di Tanah Jawara

Rabu, 22 Februari 2023 07:35 WIB
Mantan Gubernur Banten, Rano Karno. (Foto: Instagram)
Mantan Gubernur Banten, Rano Karno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Gubernur Banten, Rano Karno, memiliki peluang untuk kembali diusung pada gelaran Pilkada Banten 2024. Politisi PDI Perjuangan itu diyakini dapat memenangkan gelaran pesta demokrasi mendatang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang dari Fraksi PDI Perjuangan Ahmad Supriadi mengatakan, Rano Karno memiliki peluang kembali diusung sebagai Calon Gubernur (Cagub) Banten di Pilkada 2024. Pasalnya, Rano merupakan vote getter dan telah teruji memimpin Tanah Jawara.

“Kami yakin, Rano Karno mampu membawa kemenangan PDI Perjuangan di Tanah Jawara. Faktanya, pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten terakhir, dia menang di wilayah Kabupaten Tangerang,” ujar Supriadi di Kabupaten Tangerang, Banten, kemarin.

Menurutnya, Rano akan kembali memenangkan perolehan suara di Kabupaten Tangerang, jika diusung pada Pilkada mendatang. Selain mendapat dukungan dari seluruh kader partai, peluang kemenangan Rano di Tangerang Raya didukung oleh kedekatan emosional, karena pemeran ‘Si Doel’ itu berdomisili di wilayah tersebut.

Baca juga : Ketua KOI Percaya Basuki Pimpin Kontingen Tim Indonesia Di China

“Pastinya, peluang (kemenangan) Rano Karno sangat besar. Beliau dikenal di seluruh kalangan, terutama kalangan ibu-ibu dan pengiat sosial, atau aktivis,” tegas dia.

Meski begitu, dia mengakui, pencalonan Rano sebagai Gubernur Banten belum tentu berjalan mulus. Menghadapi sedikit tantangan, sudah biasa dalam konstelasi pencalonan.

“Tapi, kalau untuk urusan pemerintahan, beliau sudah pengalaman, tinggal melanjutkan yang tertunda,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Wanto Sugito menegaskan, kader PDI Perjuangan Kota Tangsel akan loyal kepada siapapun Cagub Banten yang mendapat restu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Baca juga : KPK Buka Peluang Kembali Panggil Dito Mahendra

“Jika itu menjadi keputusan politik dan rekomendasi Ketua Umum, seluruh kader PDI Perjuangan di Tangsel akan harus tegak lurus mendukung Pak Rano Karno sampai menang,” ujar Klutuk-sapaan Wanto Sugito.

Lebih lanjut, dia mengatakan, DPC PDI Perjuangan Kota Tangsel tidak memiliki kewenangan untuk mewacanakan calon Gubernur Banten.

Menurut dia, hal itu menjadi kewenangan penuh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Pihaknya masih menunggu arahan tentang Cagub Banten yang akan diusung. “Tugas kami, hanya menindaklanjuti, menjalankan, dan mengawal keputusan DPP PDI Perjuangan,” ucapnya.

Sampai saat ini, aku Klutuk, belum ada komunikasi di internal partai terkait majunya Rano Karno sebagai Cagub Banten 2024. Sebab, pihaknya tengah fokus memenagkan Pileg dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga : Cegah Kanker Sejak Dini, Lestari Dorong Peningkatan Pemahaman Masyarakat

“Apakah pak Rano siap mencalonkan diri sebagai gubernur Banten, belum terkonfirmasi kepada kami. Tapi, jika Ibu Megawati sudah mengeluarkan rekomendasi, seluruh kader PDI Perjuangan di Tangsel siap memenangkan,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.