Dark/Light Mode

Siap Maju Pilgub Sumatera Selatan 2024

Keponakan Megawati Bakal Usung Ekonomi Kerakyatan

Minggu, 26 Februari 2023 07:35 WIB
Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Beberapa nama politisi bakal maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan (Pilgub Sumsel) 2024. Beredar nama Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas, yang merupakan keponakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, bakal maju di perhelatan tersebut.

Selain nama Giri, santer juga nama adik kandung Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, yakni Ridho Yahya dalam Pilgub Sumsel.

Bahkan, belum lama ini Giri dan Ridho terlihat semakin dekat dalam beberapa kegiatan agenda kerja bersama. Keduanya dikabarkan bakal berduet.

“Ketika partai menugaskan maju dalam pilkada baik kabupaten, kota ataupun provinsi, tentu siap maju,” kata Giri.

Baca juga : Sri Mulyani Sambangi Jepang Bahas Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Giri tidak menampik desas-desus yang ada terkait keingi­nannya maju dalam Pilkada tahun depan. Saat ini pun ber­munculan riak-riak politik.

Menurutnya, itu wajar sebagai bagian demokrasi, sehingga tak menampik jika harus maju sebagai cagub atau cawagub.

Namun, kata dia, harus dipahamibahwa semua keputusan ada di pimpinan pusat. “Jika partai menugaskan, kami siap di posisi apapun,” tegasnya.

Meski demikian, Giri mengakucmemiliki kriteria khusus jika nanti maju dalam konstestasi politik Sumsel mendatang.

Baca juga : RI dan Timor Leste Sepakati 5 Kerja Sama, Salah satunya Ekonomi Perbatasan

Menurutnya, orang yang bakal menjadi gubernur atau wakil gubernur harus terlebih dahulu memiliki ide dan gagasan yang sama, yakni mengusung ekono­mi kerakyatan dan pro petani.

Jika tidak, tentu tidak bisa seiringsejalan dan maju dalam pesta demokrasi di Sumsel tahun depan.

“Pasangan tentu orang yang seide, sepemikiran, satu pandan­gan, dan mengedepankan pem­berdayaan ekonomi masyarakat terutama petani. Ada yang peduli dengan petani, maka itu pasan­gan yang cocok,” jelasnya.

Sementara, Ridho Yahya yang juga Wali Kota Prabumulih mengatakan, dirinya terbuka dengan siapa pun untuk maju dalam Pilkada. Hanya saja, saat ini dia masih menunggu keputusan sang kakak jika tidak maju di 2024.

Baca juga : Srikandi Ganjar Sumsel Gelar Pelatihan Kecantikan Bersama Tasya Gallery

Dirinya memiliki banyak mim­pi untuk membangun Sumsel. Dia pun sudah menyiapkan 13 program unggulan Prabumulih yang dinilai sukses akan dibawa ke 17 kabupaten dan kota.

“Apalagi Pak Giri sudah pu­nya partai, tinggal berangkat saja,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.