Dark/Light Mode

Kans Menang Pilgub Jabar Tipis

Popularitas Ibul Kalah Sama Desy Ratnasari

Senin, 27 Februari 2023 07:35 WIB
Mochamad Iriawan dan Desy Ratnasari. (Foto: Istimewa)
Mochamad Iriawan dan Desy Ratnasari. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mochamad Iriawan, yang akrab disapa Iwan Bule (Ibul), dianggap kurang populer jika maju di ajang Pilkada Gubernur Jawa Barat 2024. Ibul juga belum dijadikan pilihan utama masyarakat untuk memimpin Jabar saat ini.

Analisa itu disampaikan pe­neliti senior dari LSI Toto Izul Fatah, saat dimintai tangga­pannya terkait peluang elekta­bilitas Ibul di kontestasi Pilgub Jabar 2024.

Toto mengatakan, dalam ge­laran kontestasi, baik Pemilu maupun Pilkada, berlaku hukum besi. Maksudnya, bila seseorang ingin maju maka harus memenuhi tiga variabel mutlak yang tidak bisa disingkirkan, yakni keterkenalan, kesukaan dan keterpilihan.

Baca juga : Kalau Nunggu Situasi Stabil, Nggak Selesai

Pada kasus Ibul, Toto belum melihat bahwa mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini me­menuhi variable pertama, yakni keterkenalan atau popularitas.

“Saya tidak melihat itu (popularitas) pada beliau. Setidaknya untuk saat ini. Kalau ada mungkin sedikit sekali, banget lah” ujar Toto kepada Rakyat Merdeka.

Tidak adanya faktor keterke­nalan, lanjut Toto, pada akhirnya berimbas juga pada angka ke­sukaan. Pasalnya, popularitas umumnya linear dengan tingkat kesukaan. Kemudian, elektabili­tas nantinya akan linear dengan popularitas dan kesukaan.

Baca juga : Badan Pangan Minta Bulog Habiskan Beras Impor Sebelum Panen Raya

Kata dia, kecilnya peluang elektabilitas Ibul di Pilgub Jabar berbanding terbalik dengan para artis.

Menurutnya, para selebgram, pesinetron dan lainnya, umum­nya memiliki modal awal berupa popularitas yang tinggi. Tidak heran, banyak artis digandeng oleh para calon kepala daerah menjadi wakilnya.

Toto mencontohkan Desy Ratnasari. Sebagai seorang putri asli Jabar, Desy memiliki popularitas yang cukup baik dibanding Ibul. Desy juga sebelumnya adalah pemain film dan sinetron.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.