Dark/Light Mode

Jayabaya Usul, Pj Gubernur Banten Putra Daerah, Ini Alasannya

Kamis, 30 Maret 2023 14:57 WIB
Tokoh masyarakat Banten Mulyadi Jayabaya (Foto: Dok. Pribadi)
Tokoh masyarakat Banten Mulyadi Jayabaya (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengirim surat bernomor 100.2.1.3/1774/SJ tanggal 27 Maret 2023 ke Ketua DPRD Provinsi, termasuk DPRD Banten, yang isinya meminta untuk mengajukan usulan nama calon Penjabat (Pj) Gubernur. Menindaklanjuti surat itu, DPRD Banten kini sedang menggodok nama-nama yang diusulkan.

Merespons hal ini, tokoh masyarakat Banten Mulyadi Jayabaya meminta DPRD Banten untuk mengusulkan putra daerah. Calon tersebut bisa berasal dari pejabat eselon 1 di Pemerintahan Pusat atau anggota TNI/Polri yang memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai calon Pj Gubernur Banten kepada Mendagri.

“Kita support putra daerah dari Banten untuk menjadi Pj Gubernur. Banyak putra daerah Banten yang potensial dan kini menjadi pejabat eselon 1 di pusat, dan anggota TNI/Polri dari Banten yang memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi Pj Gubernur,” ujar Jayabaya, Kamis (30/3).

Baca juga : Merokok dan Nge-Vape Membatalkan Puasa, Ini Sederet Alasannya...

Menurut mantan Bupati Lebak dua periode ini, alasan dirinya meminta agar putra daerah yang menjadi Pj Gubernur, karena selama ini banyak pejabat hasil droping dari pusat tidak sungguh sungguh dalam membangun Banten. Dia tidak ingin hal tersebut terjadi lagi. “Pokoknya calonnya harus berasal dari Banten. Silakan DPRD untuk mencari dan mengusulkannya,” tegas pria yang akrab disapa JB ini.

Ia pun mewanti-wanti DPRD untuk mendengarkan aspirasi masyarakat, tokoh masyarakat dan ulama, mengenai calon Pj Gubernur yang berasal dari Banten. “Kalau yang bukan dari Banten, akan ditolak,” tegasnya.

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten Ikhsan Ahmad sepakat jika ada putra Banten yang layak dan memenuhi syarat serta kriteria untuk diusulkan sebagai Pj Gubernur. Namun demikian, jika tidak ada dari Banten, yang bukan dari Banten juga tidak menjadi persoalan, asalkan memiliki komitmen kuat untuk membangun Banten.

Baca juga : TransJakarta Izinkan Buka Puasa Di Dalam Bus, Ini Syaratnya...

”Alangkah lebih baik jika kandidatnya asli dari Banten. Tetapi juga tetap akan baik jika dari luar Banten namun memenuhi kriteria. Yang penting, harus mengerti dan paham karakter Banten, terutama pada aspek persoalan, tantangan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat Banten,” terang Ikhsan.

Ikhsan meminta kepada DPRD Banten untuk berhati-hati mengusulkan tiga nama yang diminta Mendagri. DPRD harus mampu membaca psikologis para ASN dan masyarakat selama Banten.

Ketua DPRD Banten Andra Soni menjelaskan, sampai saat ini baru ada 4 nama yang berkembaang di Dewan untuk diusulkan kepada Mendagri menjadi calon Pj Gubernur. Yaitu, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN Administrasi Negara (LAN) Agus Sudrajat, Wakil Sekretaris Kabinet (Wasekab) Fadlansyah Lubis, dan mantan Kapolda Banten yang kini menjabat sebagai Irjen Kemendagri Komjen Tomsi Tohir.

Baca juga : Jokowi Larang Pejabat Gelar Bukber, Ini Alasannya

“Kami sangat terbuka atas masukan dan saran dari tokoh masyarakat dan ulama untuk nama-nama yang akan diusulkan sebagai calon Pj Gubernur Banten,” kata Andra Soni.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.