Dark/Light Mode

Belum Dapat Tiket Pilkada Jawa Barat

Ibul Disuruh Nyaleg Dulu

Sabtu, 8 April 2023 07:35 WIB
Mochamad Iriawan. (Foto: Facebook)
Mochamad Iriawan. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bergabungnya Mochamad Iriawan alias Iwan Bule (Ibul) ke Partai Gerindra tidak otomatis membuatnya meraih tiket di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2024.

Sebab itu, mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu akan berjibaku lebih dahulu di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, sebelum menuju Jabar 1.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Kuningan Dede Ismail mengatakan, sesuai instruksi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, semua kader partai yang ber­niat maju di Pilkada 2024 harus lebih dahulu mencalonkan diri dalam Pileg.

Baca juga : Pilkada Gowa Bakal Sengit Dan Seimbang

Tujuannya, mendongrak perolehan suara dan kursi partai,mulai dari tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten dan kota.

“Ini berlaku juga pada Mochamad Iriawan. Semua calon dari Partai Gerindra yang inginmaju Pilkada di tingkat kabupaten hingga provinsi, semuanya wajib nyalon legislatif dulu. Jadi, tidak ada calon kepala daerah,yang ada calon anggotalegislatif (caleg) du­lu,” tegas Dede di Kuningan, Jabar, kemarin.

Lebih lanjut, Dede mengakui, Ibul sudah mengutarakan niat maju di Pilkada Jabar 2024, sebelum bergabung dengan Partai Gerindra. Namun begitu, Ibul sangat menghormati strategi par­tai. Terlebih, tiket Pilkada sangat tergantung pada perolehan suara dan kursi partai di Pileg 2024.

Baca juga : Ganjar: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Seluruh Umat Muslim

Dede juga optimistis, Ibul bisa mendongkrak perolehan suara partai di Pileg 2024. Sebab, Ibul memiliki ketokohan di dunia olahraga.

“Intinya, alhamdulillah kami kedatangan tokoh nasional, Pak Iwan Bule,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Ciamis Pipin Arif Apilin menyebut, Ibul akan diterjunkan lebih dahulu pada Pileg DPR.

Baca juga : Erick: Saya Kawal Pelayanan Bagi Seluruh Korban Dan Keluarga

Menurut dia, Ibul akan diterjunkan di Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar X, yang meliputi Kabupaten Ciamis, Kuningan, Pangandaran dan Kota Banjar.

“Pak Iwan Bule, mulai road­show di wilayah Dapil X. Kemarin di Kuningan, hari ini di Ciamis. Bertemu dengan DPC, bersilaturahmi dengan sejum­lah tokoh. Rencananya nanti buka bersama di Cisadap, di rumah seorang tokoh,” ujar Pipin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.