Dark/Light Mode

Di Karangasem

NasDem Mau Kembali Duduki Kursi Bupati

Jumat, 14 April 2023 07:35 WIB
Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Karangasem bertekad memenangkan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 nanti. Kemenangan Pileg mendatang jadi kunci, untuk kembali merebut posisi Bupati dan Wakil Bupati Karangasem pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, pihaknya membidik 12 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karangasem pada Pileg 2024 nanti. Menurut dia, pihaknya op­timis mencapai target tersebut, karena hanya menambah tiga kursi Dewan dari rahian Pemilu 2019 lalu.

“Langkah pertama mewujdu­kan 12 kursi Dewan, mengamankan perolehan sembilan kursi DPRD hasil Pileg 2019 lalu. Kami harus terus menjaga kantong-kantong suara, agar dapat mewujudkan langkah selanjut­nya, yakni menambah tiga kursi yang didasarkan pada hasil pemetaan kekuatan partai di Karangasem,” ujar Sumatri di Karangasem, Bali, kemarin.

Baca juga : Andi Gani Terpilih Kembali Jadi Presiden Komisaris PTPP

Lebih lanjut, ia mengatakan, setelah daftar calon anggota legislatif (caleg) tersusun di masing-masing daerah pemilihan (dapil), pihanya segera mengu­rus syarat administrasi seluruh bakal caleg. Dengan begitu, saat proses pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), tidak ada berkas yang ditolak oleh penyelenggara.

“Bila target (12 kursi) terca­pai, langkah berikutnya adalah merebut kembali jabatan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem di Pilkada Karangasem,” tegas Bupati Karangasem Periode 2016-2021 ini.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem, I Made Juita menambah­kan, target 12 kursi Dewan, tidak berlebihan dan sangat realistis untuk dicapai. Terlebih, target tersebut ditetapan berdasar hasil kalkulasi yang matang.

Baca juga : Saiful Halim Gagas Gerakan Mambaiki Banua

“Bila target (12 kursi) itu tercapai, kursi Ketua DPRD Kabupaten Karangasem akan menjadi milik NasDem. Jadi, kami memenangkan Pemilu, sekaligus merebut jabatan Ketua DPRD,” cetus dia.

Soal Pilkada 2024, Juita menegaskan, pihaknya akan ber­juang untuk mengusung kader di Pilkada mendatang. Menurut dia, hal tersebut juga tidak ber­lebihan, karena partainya pernah memenangkan kader di Pilkada 2015 lalu.

“NasDem punya pengalaman memenangkan jabatan Bupati-Wakil Bupati Karangasem. Apalagi, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mengin­struksikan agar kami merebut kembali jabatan tersebut,” jelas anggota DPRD Karangasem ini.

Baca juga : Rumah Koalisi Besar Baru Tahap Pondasi

Diketahui, pada pilkada 2015, Ketua DPD NasDem Karangasem, I Gusti Ayu MasSumatri, berhasil duduk di kursi Bupati. Namun, di Pilkada 2020 dia dikalahkan I Gede Dana yang berasal dari PDIP Perjuangan.

Pada Pileg 2019, Partai NasDem juga harus puas beradadiurutan ketiga peraih kursi dewan terbanyak karena hanya meraih 9 kursi. Raihan mereka kalah dari PDIP (12 kursi) dan Golkar (11 kursi). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.