Dark/Light Mode

Dukung Kaesang Jadi Walkot Depok

Jurus PSI Gaet Pemilih Muda

Sabtu, 10 Juni 2023 07:45 WIB
Kaesang Pangarep dan Giring Ganesha. (Foto: Ist)
Kaesang Pangarep dan Giring Ganesha. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manuver Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusung Kaesang Pangarep sebagai bakal calon Wali Kota Depok, terus menuai sorotan. Teranyar, langkah PSI itu dianggap sebagai strategi menggaet suara pemilih muda pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 nanti.

Dosen Ilmu Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin mengatakan, nasfu PSI mengusung Kaesang Pangarep di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok 2024, harus dilihat jernih. Menurut dia, pemasanganbaliho putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bisa sekadar strategi PSI, karena Kaesang belum tentu maju di Pilkada.

“Kans Kaesang untuk menang di Pilkada Depok juga tidak ter­lalu besar. Sebab, saat Kaesang maju sebagai calon Wali Kota di Tahun 2024, pengaruh Jokowi sudah mulai turun, lantaran tidak lagi menjabat sebagai Presiden,” ujar Ujang kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Dukung Transformasi Digital 5.0, Korlantas Polri Gelar Pelatihan Kompetensi

Karenanya, dia meyakin, dukungan yang disampaikan PSI kepada Kaesang di Pilkada Kota Depok hanya sekadar upaya meningkatkan pupularitas. Niat sesungguhnya, lanjut dia, mereka ingin mengambil ceruk suara dari pemilih muda atau generasi milenial.

“Bisa jadi, (manuver) itu sekadar iklan PSI untuk menggaetanak muda. Sebab, ceruk suara dari generasi milenial di Pemilu 2024 sangat besar, terlebih di Kota Depok. Sebagai kota penyangga Jakarta, Depok menjadi kota hunian yang padat penduduk,” jelas dia.

Di sisi lain, sambung dia, munculnya wacana Kaesang maju di Pilkada Kota Depok juga bisa menjadi bagian dari pertarungan politik antara kubu pendukung Jokowi dengan PKS yang saat ini memjadi partai oposisi.

Baca juga : PDIP Dan PSI Depok Saling Sindir

“Diketahui, Depok merupakan salah satu daerah yang menjadi basis PKS, dan sudah lebih dari dua periode dipimpin oleh kader PKS. Situasi ini, bisa membuat semangat pertarungan PKS untuk mempertahankan Depok semakin besar,” tandasnya.

Terpisah, politisi PSI sekaligus juru bicara Relawan Depok Kaesang Menang (Sang Menang), Icuk Pramana Putra menegaskan, partai serius ingin mengusung Kaesang di Pilkada Kota Depok 2024. Karenanya, pihaknya membentuk jaringan relawan Kaesang melalui situs kaesang.id, pada Selasa (6/6).

“Dalam sehari, sebanyak 100 orang telah bergabung men­jadi relawan pemenangan anak Kaesang. Mereka bergabung sejak pendaftaran secara daring dibuka melalui situs kaesang.id, Selasa (6/6) lalu,” ujar Icuk.

Baca juga : Panpel Pemilu Harus Tega

Dia juga mengaku gembira atas respons positif masyarakat terhadap kehadiran relawan pendukung Kaesang di Depok. Terlebih, ungkap dia, ratusan orang yang mendaftar itu, sebanyak 80 persen­nya merupakan warga Depok.

“Sang Menang akan berkoor­dinasi dengan relawan Kaesang lainnya, dan membentuk sekre­tariat bersama (sekber). Setelah itu, kami akan turun bersama ke sebelas kecamatan di Kota Depok,” ucap Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kota Depok ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.