Dark/Light Mode

Mau Maju Pilkada Kalsel

Anggota Fraksi PDIP DPR Ajukan Pengunduran Diri

Minggu, 27 Agustus 2023 07:50 WIB
Anggota Fraksi PDIP DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda. (Foto: DPR RI)
Anggota Fraksi PDIP DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda. (Foto: DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Fraksi PDIP DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengundurkan diri dari anggota Dewan dan keanggotaan partai. Pasalnya, dia ingin fokus berburu kursi Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pria yang akrab disapa Rifqi ini menjelaskan, dirinya mundur secara baik-baik, bahkan mengantarkan langsung surat pengunduran diri ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Soal masa depan politiknya, dia akan terjun di Pilkada Kalsel.

“Keputusan ini diambil setelah melalui proses panjang. Sekarang, kami sedang bermunajat, berikhtiar sekuat tenaga agar dapat ikut dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Kalsel,” ujar Rifqi melalui keterangantertulisnya, kemarin.

Namun, dia enggan membeberkan lebih lanjut tentang strategi atau langkah yang akan ditempuh untuk mengikuti kon­testasi tersebut.

Baca juga : Wacana Majukan Pilkada Berpotensi Timbulkan Kegaduhan Baru

Menurut dia, spekulasi tentang menggunakan jalur partai politik atau maju secara independen akan terjawab sesuai dinamika.

Dia pun tidak menampik adanya partai politik (parpol) yang telah menghubunginya, dan mendukung niatnya untuk men­calonkan diri sebagai orang nomor satu di Kalsel.

“Alhamdulillah, respons kawan-kawan dari berbagai parpol sangat baik untuk Pilkada Kalsel maupun Pemilu Legislatif (Pileg) 2024,” imbuh Rifqi.

Secara terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Kalsel Berry Nahdian Furqon mengatakan, mundurnya Rifqi baik di PDIP dan DPR merupakan hal biasa.

Baca juga : Anggota Komisi V DPR Mulai Diperiksa KPK

Menurut dia, pihaknya telahmengirim surat ke DPP PDIP untuk melakukan proses Penggantian Antar Waktu (PAW).

“Itu (pengunduran diri) hal yang biasa, bukan masalah besar. Kami langsung memproses PAW yang bersangkutan. Surat sudah kami sampaikan kepada DPP PDIP, un­tuk menetapkan pengganti Rifqi di DPR,” ujar Nahdian.

Soal niat Rifqi maju di Pilkada Provinsi Kalsel, dia menegaskan, hal itu hak konstitusional seluruh warga negara. PDIP tak akan mencampuri urusan politik man­tan kader.

“Saat ini, kami fokus meme­nangkan Pileg dan Pilpres. Kami juga punya target menang di Pilkada Kalsel. Alhamdulillah, kami punya banyak kader poten­sial untuk mengisi posisi penting di parpol, eksekutif maupun legislatif,” tandasnya.

Baca juga : Muslimah Ganjar Adakan Sosialisasi Penanganan Dan Pencegahan Stunting Di Jakarta

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 27/8/2023 dengan judul Mau Maju Pilkada Kalsel, Anggota Fraksi PDIP DPR Ajukan Pengunduran Diri

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.