Dark/Light Mode

Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Pj Gubernur Agus Fatoni Tandatangani NPHD

Jumat, 10 November 2023 15:48 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tengah) bersalaman dengan Ketua KPU Hasyim Asyari. (Foto: Dok. Pemprov Sumsel)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tengah) bersalaman dengan Ketua KPU Hasyim Asyari. (Foto: Dok. Pemprov Sumsel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dan Bawaslu Sumsel resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), di Auditorium Bina Praja, Palembang, Sumsel, Kamis (9/11).  Penandatangan ini merupakan komitmen Fatoni dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di Sumsel tahun 2024.

"Hari ini sudah ditandatangani NPHD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel terkait dana Pilkada. Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wali Kota yang telah berkomitmen penuh sehingga anggaran Pilkada 40 persen tahun 2023 telah disediakan," jelasnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (10/11).

Fatoni mengatakan, anggaran dana Pilkada 2024 terdiri dari bermacam-macam. Ada yang sudah dianggarkan dalam APBD murni dan ada juga yang dilakukan perubahan di APBD Perubahan. Bahkan ada juga sebagian yang justru tidak dianggarkan dari kedua cara tersebut. "Untuk yang tidak dianggarkan kedua-duanya itu kita lakukan pergeseran anggaran melalui Belanja Tidak Terduga (BTT)," jelas Fatoni.

Baca juga : Bahas Strategi Pengendalian Inflasi, Pj Gubernur Agus Fatoni Gelar Rakor HLM TPID

Terkait penggunaan BT, kata Fatoni mulanya banyak Bupati/Wali Kota yang masih ragu. Namun, dengan pemahaman yang Ilia berikan sekaligus sebagai Dirjen Bina Keuangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perlahan kepala daerah menjadi yakin dan tidak ragu lagi dalam menganggarkan dana untuk Pilkada.

"Awalnya banyak bertanya karena tahapan Pilkada belum dilakukan. Sebagian kepala daerah bertanya dana ini digunakan untuk apa dan jika tidak habis sampai 2024 bagaimana? Bagaimana nanti jika tidak terpakai? Banyak yang bertanya seperti itu dan setelah kita jelaskan, alhamdulillah semua paham. Dan hari ini NPHD semuanya bisa dilaksanakan," ujar Fatoni.

Fatoni menambahkan, penandatanganan NPHD ini juga menjadi bentuk cinta para kepala daerah, KPU, dan Bawaslu kepada bangsa dan negara. Penandatanganan ini menjadi bukti komitmen mereka dalam mendukung terlaksananya Pilkada Serentak 2024 di Sumsel.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Dapat Gelar Adat Suttan Mangku Keresidenan OKU Timur

Dalam kesempatan itu Fatoni juga berpesan kepada semua kepala daerah tetap menjaga status Sumsel sebagai daerah yang zero konflik. Ia berharap, Pilkada Serentak 2024 di Sumsel berlangsung sukses agar bangsa dan daerah menjadi jauh lebih baik lagi.

"Namanya pesta ini harus dilakukan dengan gembira jangan menjadi beban. Harus dilaksanakan sepenuh hati. Dan sebisa mungkin kita jaga dan pertahankan lingkungan agar tidak terjadi perpecahan," kata Fatoni.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan rasa terima kasih kepada Fatoni dan DPRD Sumsel yang sudah menyepakati untuk Pilgub Sumsel anggaran yang disediakan sekitar Rp 234 miliar dan dibagi dua porsi. Porsi pertama 40 persen atau sekitar Rp 93 miliar di 2023 dan 60 persen atau senilai Rp 140 miliar di 2024.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Bagikan Bantuan Makanan untuk Cegah Stunting di OKU

"Untuk total pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota se-Sumsel, berdasarkan kontribusi APBD provinsi dan kabupaten/kota totalnya sekitar Rp 1 triliun lebih sekian miliar. Kami atas nama KPU mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Sumsel, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumsel dalam menyelenggarakan pilkada serentak 2024," jelasnya.

Rincian anggaran dana Pilkada Serentak 2024 di Sumsel berdasarkan data dari Kesbangpol Provinsi yakni Kumulatif KPU se-Sumatera Selatan Tahun 2023 sebesar Rp 416.918.651.985 dan Tahun 2024 sebesar Rp 637.059.959.605. Selanjutnya, kumulatif Bawaslu se-Sumatera Selatan Tahun 2023 sebesar Rp 137.700.016.432 dan tahun 2024 sebesar Rp 215.277.551.648.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.