Dark/Light Mode

Mau Borong Kursi DPRD, Golkar Siap Kuningkan Jabar

Sabtu, 20 Januari 2024 07:32 WIB
Wakil ketua DPP Partai Golkar, Nurul Arifin. (Foto: Instagram @na_nurularifin)
Wakil ketua DPP Partai Golkar, Nurul Arifin. (Foto: Instagram @na_nurularifin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar bertekad menguningkan Jawa Barat (Jabar) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mereka menargetkan memborong kemenangan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di semua tingkatan pada gelaran kontestasi demokrasi mendatang.

Wakil ketua DPP Partai Golkar, Nurul Arifin menyatakan, partainya mempunyai target ke me nangan besar di Provinsi Jabar. Sebab, berdasar sejumlah hasil survei, tingkat elektabilitas Partai Golkar mengalami tren peningkatan di Provinsi Jabar.

“Perolehan suara Partai Golkar dari survei Indikator naik. Pengennya nomor satu. Sekarang nomor dua. Insya Allah sedikit lagi bisa mendominasi termasuk di Jabar,” ujarnya dalam acara konsolidasi Partai Golkar di Grand Ball Room Sudirman, Bandung, Jabar, Jumat (19/1/2024).

Baca juga : Jumlah Kursi DPR Kudu Nambah, Airlangga Ingin Kuningkan NTT

Soal target di perolehan suara dan kursi di Provinsi Jabar, Nurul menegaskan, pihaknya memasang target realistis. Menurutnya, DPP Partai Golkar menugaskan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) meraih 20 persen suara dan kursi Dewan di semua tingkatan.

Selain itu, lanjut dia, target tersebut juga akan diselaraskan dengan usaha pemenangan pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Ca wapres), Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Target minimalnya, semua 20 persen, DPRD tingkat Ka bu pa ten, Kota, Provinsi, hingga DPR RI,” cetusnya.

Baca juga : 50 Ribu Relawan Tim Dozer Siap Menangkan Prabowo-Gibran Di Kalsel

Bendahara DPD II Partai Golkar Kabupaten Bandung, Dagus Macan mengatakan, se luruh calon anggota legislatif (caleg) Partai Golkar di DPRD Kabupaten Bandung, terus turun ke masyarakat. Dia mengklaim, semangat semakin besar di tengah dinamika politik yang semakin kencang.

Karenanya, sambung Dagus, DPD II Partai Golkar Kabupaten Bandung meyakini akan kembali menjadi pengisi mayoritas kursi Dewan di Pileg 2024 nanti. Minimal, kata dia, pihaknya akan mempertahankan 11 kursi DPRD Kabupaten Bandung, hasil Pileg 2019 lalu.

Dagus menambahkan, turunnya sejumlah nama besar seperti Ace Hasan Syadzily, Dadang Naser, dan Lili Asdju di Pileg DPR, serta Sugianto, Agung Yan susan, Cucu Sugiharti, dan Ahmad Hidayat di Pileg DPRD, akan memberi efek elektoral terhadap hasil Pileg di DPRD tingkat Kabupaten.

Baca juga : Darmizal Dan Relawan Jokowi Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

“Munculnya efek elektoral dari caleg yang terjun di DPR dan DPRD Provinsi, karena daerah kampanye mereka sama dengan caleg yang terjun di tingkat kabupaten. Mereka punya basis suara yang kuat di Kabupaten Bandung. Sekarang, mereka semua sedang bekerja keras untuk lolos ke DPR dan DPRD Jabar,” tegas dia.

Dagus juga memperkirakan, komposisi partai pengisi kursi DPRD Kabupaten Bandung ke depan, tidak berebda jauh dengan hasil Lileg 2019 lalu.

“Urutannya, Partai Golkar, PKS, Gerindra, PKB, Nasdem, Demokrat dan PAN. Kalaupun ada tambahan, partai tersebut adalah PPP,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.