Dark/Light Mode

Wali Kota Batam Ramaikan Pilgub Kepri, Dinilai Jadi Lawan Kuat Petahana

Jumat, 15 Maret 2024 05:22 WIB
Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang disebut-sebut bakal maju sebagai Calon Gubernur Kepulauan Riau di Pilgub November 2024 mendatang. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang disebut-sebut bakal maju sebagai Calon Gubernur Kepulauan Riau di Pilgub November 2024 mendatang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah nama mulai memanaskan kursi bakal Calon Gubernur di Pemilihan Gubernur Kepulauan Riau November 2024 mendatang.

Dua nama di antaranya yang menguat adalah petahana Ansar Ahmad dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Pengamat politik dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) Rahmayanti Kusumaningtyas memprediksi jika hanya kedua sosok tersebut yang bersaing, Pilgub Kepri 2024 akan berlangsung ketat. Akan tetapi, Rudi berpotensi mengalahkan sang petahana.

Baca juga : Antisipasi Gugatan Pemilu, MK Mulai Pasang Kuda-kuda

"Pilgub Kepri akan berlangsung seru kalau persaingannya antara Ansar dan Rudi. Ansar sebagai petahana tentu ingin mempertahankan kekuasaannya. Namun, Rudi meski untuk pertama kalinya akan maju sebagai Cagub Kepri, tapi tidak bisa dianggap remeh," kata Rahmayanti, dalam keterangannya, Kamis (14/3/2024).

Menurut Rahmayanti, terdapat beberapa alasan Rudi akan bersaing dengan Ansar. Pertama, Rudi didukung mayoritas warga di Kota Batam.

Menurutnya, kepuasan warga Batam yang mencapai 95 persen menjadi modal penting bagi Rudi untuk meraup suara besar di Batam pada Pilgub Kepri 2024 nanti.

Baca juga : Malam Ini, Persib Buru Kemenangan Lawan Barito Putera

‘’Rudi sudah memiliki basis pendukung yang kuat di Batam. Dari 7 kota/kabupaten di Kepri, DPT (daftar pemilih tetap) terbanyak di Batam. Berdasarkan DPT pada Pemilu 2024 kemaren, DPT di Batam mencapai 851.614 orang dari total 1.500.974 orang di seluruh Kepri. Jika Rudi menang mutlak di Batam, berat untuk Ansar bisa menandingi,” ujarnya.

Kedua, Rudi berpotensi diusung oleh partai NasDem dan Gerindra. Menurut Rahmayanti jika kedua partai besar di Kepri tersebut bersatu, Rudi akan menjadi sosok yang sangat kuat di Pilgub Kepri.

"NasDem sebagai partainya Rudi pasti akan mengusungnya. Kemungkinan besar Gerindra juga akan berkoalisi dengan NasDem. Jika kedua partai besar tersebut resmi berkoalisi, Rudi semakin kuat," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.